E-Learning Sebagai Komplemen dalam Pembelajaran
Perwujudan Akselerasi Transformasi Digital dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.69-79Kata Kunci:
E-learning, transformasi digital, pendidikan, komplemen pembelajaranAbstrak
Transformasi digital dalam sektor pendidikan salah satunya ditandai dengan penerapan pembelajaran model blended learning yaitu pemaduan model pembelajaran konvensional dengan penggunaan E-Learning (daring). Pada penerapannya proses pemanfaatan e-learning masih problematik dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan tenaga pendidik dalam menggunakan teknologi dan infrastruktur teknologi digital yang kurang memadai. Penelitian ini berujuan untuk mengkaji penggunaan e-learning sebagai komplemen dalam pembelajaran berdasarkan persepsi mahasiswa dan dosen serta kontribusi upaya yang dilakukan dosen dalam membantu percepatan transformasi digital dalam pendidikan. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif di fakultas teknik Universitas Negeri Gorontalo. Sebanyak 322 mahasiswa dan 46 orang dosen sebagai responden dalam penelitian ini. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan wawancara. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil menunjukkan (1) Persepsi mahasiswa mengatakan bahwa pembelajaran dirasa kurang maksimal. (2) Hasil kontradiktif yang menyatakan bahwa pemanfaatan e-learning sebagai penunjang proses pembelajaran yang maksimal. (3) Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan dosen dalam membantu proses percepatan transformasi digital. Kesimpulannya yaitu terdapat perbedaan pendapat antara peserta didik dan tenaga pendidik terkait persepsi terhadap pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Kemudian sebagai usaha dalam mendukung kebijakan pemerintah pada proses akselesarasi transformasi digital dalam dunia pendidikan diperlukannya kesadaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi digital terbaru guna mendukung kreatifitas mendesain konten pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik untuk meningkatkankan animo peserta didik menggunakan e-learning. Maka dari itu pemerintah juga perlu menindaklanjuti usaha yang dilakukan para praktisi didunia pendidikan dengan memfasilitasi melalui penyelenggaraan pelatihan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran untuk para tenaga pendidik.
Referensi
Budiana, I. (2022). MENJADI GURU PROFESIONAL DI ERA DIGITAL. JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234
Erlangga, B. (2022). Indonesia Naik 11 Peringkat Hasil Survei e-Government PBB. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/indonesia-naik-11-peringkat-hasil-survei-e-government-pbb
Ginting, S. O., Efendi, N., & Hutasoit, A. H. (2022). PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN MENGGUNAKAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.35145/procuratio.v10i1.1741
Hasan, A. I., Saputri, A. E., Safa, A., & Fitroh, F. (2022). Pengaruh Critical Success Factors terhadap Keberhasilan E-Learning dalam Mendukung Pembelajaran: Systematic Literature Review. JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 24(1), Article 1.
Indonesia Baik Id. (2022). 5 Langkah Percepatan Transformasi Digital | Indonesia Baik. https://indonesiabaik.id/infografis/5-langkah-percepatan-transformasi-digital
Kholipah, N., Arisanty, D., & Hastuti, K. P. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jpg.v7i2.10206
Mudarris, B. (2022). Profesionalisme Guru di Era Digital ; Upaya dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan. ALSYS, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i6.640
Prawatiningsih, D., & T, N. A. (2022). KUALITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um027v5i12022p25
Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433
Rizkinaswara, L. (2021). Akselerasi Transformasi Digital dalam Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Ditjen Aptika. https://aptika.kominfo.go.id/2021/07/akselerasi-transformasi-digital-dalam-roadmapdigital-indonesia-2021-2024/
Rofiah, B. N., & Bahtiar, M. D. (2022). Analisis Penggunaan E-Learning, Intensitas Latihan Soal, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2453
Roza, L., Aulia, N., & Zulherman*, Z. (2021). Analisa Pemanfaatan E-Learning Menggunakan Data Statistik Pengguna Aplikasi Startup Pendidikan Selama Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(3), Article 3. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.19731
Salehudin, M. (2020). DAMPAK COVID-19: GURU MENGADOPSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6755
Selatan, B. P. S. (2022). Mendikbudristek: Transformasi Teknologi Berdampak Riil Pada Sektor Pendidikan. Laman Resmi BBGP Provinsi Sulawesi Selatan. https://bbgp-sulsel.id/umum/mendikbudristektransformasi-teknologi-berdampak-riil-pada-sektor-pendidikan
Siswanto, R. (2022). TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PEMULIHAN PENDIDIKAN PASCA PANDEMI. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/transformasi-digital-dalam-pemulihan-pendidikan-pasca-pandemi
World Digital Competitiveness Rankings—IMD. (n.d.). IMD Business School. Retrieved March 1, 2023, from https://www.imd.org/centers/world-competitiveness-center/rankings/world-digital-competitiveness/
Zulherman*, Z., Amirulloh, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Penulis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.