Penanganan Dampak Lalu Lintas terhadap Pembangunan Pasar Tradisional dan Pasar Modern (Mall) Simpang Haru

Authors

  • Momon Momon Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.123-132

Keywords:

Trip Rate, Simpang Bersinyal, Kinerja Persimpangan, Signal intersection, Performance intersection

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Memberikan rekomendasi kepada pemangku kepentingan untuk mengantisipasi kemacetan (penurunan kinerja persimpangan) yang disebakan oleh pengoperasian Pasar Tradisional dan Pasar Modern. Penelitian ini menggunakan analisis kinerja simpang bersimpang MKJI Tahun 1997 dengan memasukkan data primer yaitu data gerakan membelok di persimpangan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Strategi 1 (satu) dan 2 (dua) dapat meningkatkan kinerja jaringan pada lengan persimpangan yang macet (jl. Sawahan) ditandai dengan DS dari 1.03 meter menjadi 0.66 meter dan 063 meter, Panjang Antrian dari 199 detil/smp menjadi 173 (strategi 2) dan tundaan dari 142.9 detik/smp menjadi 28 detik/smp dan 33 detik/smp.

 

Abstract

The  aim  of  this  research  is  giving  recommendation  to  decision  maker  For  overcoming  jammed (decreasing performance intersection) that caused by traditional and modern market operational. This research use intersection performance analysis MKJI 1997 with primary data, turning moving intersection data. From the result of analysis, it can be concluded that first strategy and second strategy can improve network performance in crowded intersection arm (jl. Sawahan) that is revealed by DS from 1.03 metres to 0.66 metres and 0.63 metres, the length of queue from 199 detil/smp to 173 (strategi 2) and cancel time from 142.9 second/smp to 28 second/smp and 33 second/smp.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Black, J.A. 1981. Urban Transport Planning: Theory and Practice. London: Cromm Helm.

Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta.

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2006. Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta.

Papacostas, C.S. 1987. Fundamental of Transportation Engineering. Prentice Hall Inc., Englewood Cliffs. New Jersey.

Tamin, O.Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.

Downloads

Published

2015-12-20

How to Cite

Momon, M. (2015). Penanganan Dampak Lalu Lintas terhadap Pembangunan Pasar Tradisional dan Pasar Modern (Mall) Simpang Haru. Jurnal Bina Praja, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.123-132

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)