Koordinasi Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas dalam Penanggulangan Kemacetan Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.21787/mp.3.1.2019.47-56Kata Kunci:
Kemacetan, Lalu Lintas, PerhubunganAbstrak
Kemacetan lalu lintas di sebabkan oleh ketidakseimbangan antara jumlah kendaraan dengan jumlah ruas jalan yang ada. Berdasarkan data Samsat Kota Makassar, jumlah kendaraan pada 2016 mencapai 1.128.809 unit. Pada 2017 hingga Oktober 2018 kendaraan mencapai 1.563.608 unit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaturan kerja, sinkronisasi kegiatan, wujud kepentingan bersama, serta tujuan bersama yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas dalam penanggulangan kemacetan di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observsi, interview, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa proses koordinasi Dinas Perhubungan dan Satua Lalu Lintas meliputi; pengaturan yang digunakan sudah menerapkan teknologi Area Traffic Control System (ATCS), sinkronisasi yang dilakukan sudah efektif, kepentingan bersama ini sudah berjalan dengan adanya pertemuan atau rapat yang dilakukan antara dua pihak meskipun dalam implementasi masih belum maksimal, karena rapat dilaksanakan hanya 1 sampai 2 kali pertemuan. Begitu juga dengan kerja sama Satlantas dan Dishub Kota Makassar yang masih belum maksimal dalam melakukan tugasnya dalam mengatasi kemacetan.
Referensi
celebesmedia.id. (2018). Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Makassar Sangat Kompleks. Retrieved from https://celebesmedia.id/celebes/artikel/1025301118/penyebab-kemacetan-lalu-lintas-makassar-sangat-kompleks
Hasibuan. (2007). Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.
Irwanti, I., Samadikun, B. P., & Huboyo, H. S. (2017). Pengaturan Manajemen Waktu Area Traffic Control System (Atcs) dalam Rangka Pengurangan Emisi Pencemar Udara Kendaraan Bermotor di Beberapa Persimpangan Jalan Kota Semarang. Jurnal Teknik Lingkungan, 6(3), 1–10. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/190556/pengaturan-manajemen-waktu-area-traffic-control-system-atcs-dalam-rangka-pengura
Kordi, K. M. G. (2014). Berbuat Lebih Layak (Inovasi Pelayanan Publik di Kota Makassar). Makassar: Pustaka Celebes.
Liliweri, A. (2014). Sosiologi dan komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Lutfie, M., Samang, L., Sakti, A., & Isran Ramli. (2014). Analisis Komposisi Truk pada Jaringan Jalan Perkotaan di Kota Makassar. In Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi. Makassar: The 17th FSTPT of International Symposium . Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/2848
Mahsyar, A. (2005). Model Koordinasi Antarinstansi Pemerintah dalam Penanggulangan Kemacetan Lalu Lintas di Kota Makassar. Jurnal El-Riyasah, 5(2), 11–20. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/244925/model-koordinasi-antarinstansi-pemerintah-dalam-penanggulangan-kemacetan-lalu-li
Mustikarani, W., & Suherdiyanto. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Di Sepanjang Jalan H Rais a Rahman (Sui Jawi) Kota Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 143–155. https://doi.org/10.31571/EDUKASI.V14I1.292
Saputra, R. M. (2014). Analisis Perencanaan Penerapan Area Traffic Control System di Kota Pangkal Pinang. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(3). Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/212086/analisis-perencanaan-penerapan-area-traffic-control-system-di-kota-pangkal-pinan
Sedarmayanti. (2009). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan : Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik. Bandung: Refika Aditama.
Setiawan, A. (2018). implementasi program (ATCS) Area Traffic Control System di Kota Bandar Lampung. Universitas Lampung. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/37351/8/3.pdf
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Qualitative and Quantitative Research Methods). Bandung: Alfabeta.
Syafiie, I. K., & Welasari. (2015). Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tambunan, T. S. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Terry, G. R., & Rue, L. W. (2005). Dasar - Dasar Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.
Tompo, R. (2014). Masa Depan Makassar (Dinamika Demokrasi dan Pemerintahan). Makassar: Makassa: Badan Arsip Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Penulis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional berlaku untuk semua karya yang diterbitkan oleh Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan. Penulis akan mempertahankan hak cipta dari karya tersebut.