Tipologi Inovasi Sektor Publik (Program Si-Cakep) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Penulis

  • Yayuk Basuki Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rulinawaty Kasmad Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasrulhaq Nasrulhaq Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.21787/mp.2.3.2018.207-216

Kata Kunci:

Dualisme Kewenangan, Batam, Pemerintah, Kawasan Ekonomi Khusus

Abstrak

Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang lebih berkualitas pemerintah Kabupaten Wajo yaitu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) membuat sebuah inovasi dalam bidang kepegawaian melalui aplikasi Mobile SI-CAKEP. Mobile SI-CAKEP ini merupakan salah satu langkah yang dikeluarkan untuk lebih memudahkan para Aparatur Sipil Negara sehingga tidak harus meninggalkan tempat kerjanya ketika akan mengurus hak-hak kepegawaian hanya perlu membuka aplikasi dan upload berkas-berkas yang dibutuhkan. Sebagai aplikasi baru Mobile SI-CAKEP sudah masuk dalam Top 99 Inovasi pelayanan publik Nasional sehingga tidak salah jika menjadi salah satu inovasi unggulan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipologi inovasi sektor publik (studi kasus inovasi program Mobile SI-CAKEP) di Kabupaten Wajo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif menggunakan jenis penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai inovasi yang diterapkan oleh BKPSDM dalam membuat inovasi Mobile SI-CAKEP di Kabupaten Wajo. Hasil penelitian menyimpulkan inovasi program Mobile SI-CAKEP merupakan aplikasi yang sangat membantu para Aparatur Sipil Negara dalam pemenuhan hak-hak kepegawaian. Aplikasi ini juga memberikan perubahan yang signifikan terhadap pelayanan kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Wajo kearah yang lebih sistematis, berintegritas, cepat. adaptif, berkomitmen, dan lebih professional.

Biografi Penulis

Yayuk Basuki, Universitas Muhammadiyah Makassar

Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Rulinawaty Kasmad, Universitas Muhammadiyah Makassar

Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Nasrulhaq Nasrulhaq, Universitas Muhammadiyah Makassar

Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Referensi

Erawati Djamrut, D. (2015). Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1472–1486.

Firmansyah, R. R., & Niswah, F. (2018). Inovasi Pelayanan E-MASTER di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. Publika, 6(3).

Fontana, A. (2011). Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai. Jakarta: Cipta Inovasi Sejahtera.

Halvorsen, T., Hauknes, J., Miles, I., & Røste, R. (2005). Innovation in the Public Sector On the differences between public and private sector innovation, 2–3.

Hamzah, M. (2017). Mobile SI-CAKEP Masuk 99 Top Inovasi Nasional Tahun 2017.

Hanafi, A. S., Almy, C., Majid, M. S. A., Kuala, U. S., Manajemen, M., Tgk, J., … Aceh, K. B. (2018). Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Inovasi Sistem Pelayanan Publik ( Pembayaran SPP Online ). Journal on Information Systems, Technology of Information and Communications (JoISTIC), 1(1), 1–11.

Ketentuan, B. I., & Pasal, U. (n.d.). PRES I DEN REPUBLIK INDONESIA-2.

Kurniawan, R. C. (2016). Inovasi kualitas pelayanan publik pemerintah daerah. Fiat Justisia Journal of Law, 10(3), 569–586. Retrieved from http://jurnal.fh.unila.ac.id/index.php/fiat

Marom, A. (2015). Inovasi Birokrasi Pelayanan Publik Bidang Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Kabupaten Kudus. Manajemen Dan Kebijakan Publik, 1(evaluasi kinerja pegawai), 65–74.

Pranita, N. S., Rochmah, S., & Sukanto. (2013). Inovasi Administrasi Kepegawaian dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dalam Mewujudkan Good Governance (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu), 3(12), 2008–2013.

Prekendes, E. (2018). 10 SKPD, 5 Kecamatan Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rizki Pratama. (2013). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Nilai Tambah (Value Added) Inovasi Pelayanan Perizinan Bagi Masyarakat Di Kota Kediri). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(2). Retrieved from http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp2820095a7cfull.pdf

Susanto. (2010). 60 Management Gems. Jakarta: Kompas.

Unduhan

Diterbitkan

2018-11-30

Cara Mengutip

Basuki, Y., Kasmad, R., & Nasrulhaq, N. (2018). Tipologi Inovasi Sektor Publik (Program Si-Cakep) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 2(3), 207–216. https://doi.org/10.21787/mp.2.3.2018.207-216

Terbitan

Bagian

Artikel