Pelayanan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.21787/mp.2.1.2018.49-58Kata Kunci:
Pelaksanaan, Pelayanan, Akta KelahiranAbstrak
Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi salah satu isu kebijakan di era reformasi birokrasi saat ini. Hal ini menjadi sangat penting mengingat kualitas pelayanan publik sejak reformasi birokrasi digulirkan sudah ada perbaikan tapi belum meningkat secara signifikan. Kinerja birokrasi pemerintah secara sederhana dapat diukur dengan menilai baik buruknya kualitas pelayanan publik. Pengukuran kinerja pelayanan publik merupakan aspek yang sangat penting untuk melihat pencapaian pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian tentang pelaksanaan pelayanan akta kelahiran ini penting untuk dilakukan, dikarenakan masyarakat sebagai custumer service belum merasa puas baik dari segi waktu, prosedur dan mutu pelayanan yang selama ini diberikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan maupun kendala yang dijumpai dalam upaya peningkatan pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Fokus pengamatan meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi pelayanan dan kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data model interaktif yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan pemberian rekomendasi dengan penarikan kesimpulan menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya sudah baik atau berkualitas yang dapat dilihat dari indikator keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), keyakinan (assurance), perhatian (emphaty), dan berwujud (tangibles). Saran yang diberikan, hendaknya pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya menambah pengetahuan masyarakat dan hendaknya pelayanan penerbitan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya bisa dilaksanakan secara optimal.
Referensi
Dwiyanto, A. (2002). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gadjah Mada.
Fitriani, I. (2017). Evaluasi Kebijakan E-Ktp Dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Masyarakat Di Kelurahan Pela Mampang Kecamatan Mampang Prapatan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Jurnal Renaissance, 2(1), 115–124. Retrieved from http://www.ejournal-academia.org/index.php/renaissance/article/view/39
Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Pembaruan.
Masrin. (2013). Studi Tentang Pelayanan Pembuatan Ktp Elektronik (E-Ktp) di Kantor Kecamatan Samarinda Ulu KOta Samarinda. Pemerintahan, 1(1), 68–81. Retrieved from http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/02/Masrin (02-02-13-11-55-41).pdf
Moenir, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Surabaya: Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurjihan. (2016). Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP pada Kantor Kecamatan Samarinda Kota di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 294–305. Retrieved from http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/02/Ejournal Nurjihan (02-22-16-10-25-54).pdf
Perdana, A., Suprojo, A., & Saleh, A. B. (2015). Efektivitas Pelayanan Program E-Ktp Pada Masyarakat. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2). Retrieved from https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/51
Rahmawati, Y. Y. (2017). Implementasi E-Ktp Di Kecamatan Palaran Kota Samarinda. JURNAL UNIVERSITAS MULAWARMAN, 1(2), 561–574. Retrieved from http://perpustakaan.unmul.ac.id/ejournal/index.php/um/article/view/69
Rezha, F. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik, 1(5), 981–990. Retrieved from http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/116
Ridel. (2013). Peran Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan E-KTP (Suatu Studi Di Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan). JURNAL EKSEKUTIF, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/2674
Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik (Cet. 1). Surabaya: Bumi Aksara.
Sinambela, L. P. (2016). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implermentasi. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Penulis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional berlaku untuk semua karya yang diterbitkan oleh Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan. Penulis akan mempertahankan hak cipta dari karya tersebut.