Inovasi Daerah dalam Reformasi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan dan Kota Magelang

Penulis

  • Adi Suhendra Kementerian Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.21787/mp.2.1.2018.39-48

Kata Kunci:

Reformasi Birokrasi, Pemerintahan Daerah, Inovasi Daerah

Abstrak

Penelitian ini adalah tentang reformasi pemerintahan yang dilakukan oleh pemerintahan kota dengan menggunakan inovasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya pemerintah daerah Kota Tangerang Selatan dan Kota Magelang dalam memperbaiki layanan publik, tata kelola pemerintahan dan regulasi. Permasalahan dalam kajian ini adalah meningkatnya permintaan layanan publik, namun masih sangat sedikitnya didukung sumber daya manusia yang terbatas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan inovasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di tingkat kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan triangulasi sumber data sebagai cara untuk mengecek keabsahan data. Teknik pengambilan data, dilakukan dengan cara observasi terlibat (participant obervation), dokumen tertulis, arsip, catatan resmi, catatan atau tulisan pribadi dan gambar untuk menghasilkan bukti atau data yang berbeda. Sedangkan pengolahan data peneliti melakukan reduksi data. Hasil yang di dapatkan dalam penelitian ini adalah Kota Tangerang Selatan memperbaiki layanan publik untuk mempermudah pejabat notaris tanah dalam proses balik nama. Selain itu, tata kelola pemerintahan juga menjadi progam prioritas di Kota Tangerang Selatan yaitu pengobatan gratis. Adapun di Kota Magelang reformasi pemerintahan dilakukan inovasi di Dinas Perhubungan. Inovasi ini menghadirkan cek KIR online dengan maksud menyediakan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Kota Magelang mereformasi tata kelola pemerintahan dengan menyediakan data secara terintegrasi. Data di setiap organisasi perangkat daerah dapat diakses melalui DataGo. Sebuah aplikasi untuk menghimpun data dan informasi di pemerintahan Kota Magelang.

Biografi Penulis

Adi Suhendra, Kementerian Dalam Negeri

Badan Penelitian dan Pengembangan

Referensi

Berg, B. L. (2001). Qualitative Research Methods For The Social Sciences. (Sarah L. Kelbaugh, Ed.) (4th ed.). United State of Amerika: California State University.

Fira. (2015). Smart CIty Expo World Congress Report 2015 (Vol. 156). Barcelona.

Glasmeier, A., & Christopherson, S. (2015). Thinking about smart cities. Cambridge Journal of Regions, Economy and Society, 8(1), 3–12. https://doi.org/10.1093/cjres/rsu034

Hamudy, M. I. A. (2015). Upaya Mewujudkan Kota Layak Anak di Surakarta dan Makassar. Jurnal Bina Praja, 7(2), 149–160.

Keon, S., Heeseo, L., Kwon, R., Cho, H., Kim, J., & Lee, D. (2016). International Case Studies of Smart Cities: Singapore, Republic of Singapore. In Inter-American Development Bank. Inter-American Development Bank.

Purnamasari, S. A. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Sebelum dan Setelah Pemekaran Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Pemerintahan Fisip Undip.

Purwanti, Lily; Lukito, Y. R. D. L. (2014). Analisis Pengaruh City Branding Kota Batam Terhadap Brand Attitude (Studi kasus pada stakeholder di Kota Batam). Jurnal Manajemen, 14(1), 61–80.

Puspitasari, N. L. P., & Bendesa, I. K. G. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(1), 89–114.

Rizki Pratama. (2013). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Nilai Tambah (Value Added) Inovasi Pelayanan Perizinan Bagi Masyarakat Di Kota Kediri). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(2), 218–225. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/downloadfullpapers-kmp2820095a7cfull.pdf

Robbins, S. (2013). Organizational Behavior. (S. Yagan, Ed.), Zhurnal Eksperimental’noi i Teoreticheskoi Fiziki (15th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc. https://doi.org/10.12737/4477

Rogers, E. M. (1995). Diffusion of Innovations. Elements of Diffusion. https://doi.org/citeulike-article-id:126680

Strauss, A., & Corbin, J. (1994). Grounded Theory Methodology: An Overview. In Handbook of Qualitative Research (pp. 273–285). https://doi.org/10.1007/BF00988593

Sukmana, Y. (2017). Kemiskinan Makin Dalam dan Kian Parah - Kompas.com. Retrieved May 2, 2018, from https://ekonomi.kompas.com/read/2017/07/17/195907926/kemiskinanmakin-dalam-dan-kian-parah-

Triana, R. W. (2010). Reformasi dan Pembangunan Lembaga: Melembagakan Tata Kepemerintahan dan Pelayanan Publik. Unair Journal.

Wilson, J., & Stapleton, K. (2007). The discourse of resistance: Social change and policing in Northern Ireland. Language in Society (Vol. 36). https://doi.org/10.1017/S0047404507070194

Unduhan

Diterbitkan

2018-03-30

Cara Mengutip

Suhendra, A. (2018). Inovasi Daerah dalam Reformasi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan dan Kota Magelang. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 2(1), 39–48. https://doi.org/10.21787/mp.2.1.2018.39-48

Terbitan

Bagian

Artikel