Pengaruh Impersonalitas Terhadap Kepuasan Masyarakat di RSUD Syeh Yusuf Kabupaten Gowa

Penulis

  • Hardianti Hardianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nuryanti Mustari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hafiz Elfiansya Parawu Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.21787/mp.2.2.2018.123-137

Kata Kunci:

Pengaruh, Impersonalitas, Kepuasan Masyarakat

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui impersonalitas berpengaruh  terhadap kepuasan masyarakat di RSUD Syeh Yusuf kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian survey menggunakan simple random sampling dengan pengukuran instrumen penelitian yaitu; skala likerts. Adapun teknik analisis data penelitian adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis regresi sederhana dengan bantun aplikasi softwere SPSS version 21. Hasil penelitian ditemukan bahwa Pengaruh Impersonalitas terhadap Kepuasan Masyarakat di RSUD Syeh Yusuf Kabupaten Gowa dengan  menggunakan Model Persamaan Regresi Sederhana disimpulkan  bahwa, nilai Konstan (a) sebesar 7.440, berarti jika Impersonalitas (X) nilainya 0, maka hasil Kepuasan Masyarakat (Y) nilainya positif yaitu 7.440. Dan semakin ditinggkatkan nilai Impersonalitas (X)  maka nilai Kepuasan Masyarakat (Y) akan semakin meninggkat berarti ada pengaruh antara Impersonalitas terhadap Kepuasan Masyarakat  di RSUD Syeh Yusuf Kabupaten Gowa.  Peranan (R Square) Impersonalitas (X) terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) di RSUD Syeh Yusuf Kabupaten Gowa maka, nilai R Square sebesar 0,514 atau 51,40%. Jadi, Impersonalitas (X) berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) di RSUD Syeh Yusuf Kabupaten Gowa sebesar 51,40%,  sedangkan  sisanya sebesar 48,60% diperoleh dari 100% - 51,40% = 48,60% variabel  yang tidak diteliti.

Biografi Penulis

Hardianti Hardianti, Universitas Muhammadiyah Makassar

Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial

Nuryanti Mustari, Universitas Muhammadiyah Makassar

Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Hafiz Elfiansya Parawu, Universitas Muhammadiyah Makassar

Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Referensi

Anjaryani, W. D. (2009) Kepuasan Pasien Rawat inap Terhadap Pelayanan perawatan di RSUD Tugorejo Semarang. Universitas Dipenegoro Semarang. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/11722783.pdf

Dwiyanto (2012) Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Universitas Gaja University Press.

Eko, S. B. (2017) ‘Konsep Birokrasi’. Lampung: academia.edu. Available at: https://www.academia.edu/6658581/Bab_1_Konsep_Birokrasi.

Fajrianti, K. N. and Muhtadi, A. (2017) ‘Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Dengan Six Sigma’, Farmaka, 15(3), pp. 111–122. doi:10.24198/jf.v15i3.13460

Hafid, M. A. (2014) ‘Hubungan kinerja perawat terhadap tingkat kepuasan pasien pengguna yankestis dalam pelayanan keperawatan di rsud syech yusuf kab.gowa’, Jurnal Kesehatan, VII(2). Available at: https://media.neliti.com/media/publications/137588-ID-hubungan-kinerja-perawat-terhadap-tingka.pdf.

jawapos.com (2017) Gowa Keluar dari BPJS Kesehatan, Ini Kata DPRD dan Gubernur, jawapos.com. Available at: https://www.jawapos.com/jpg-today/09/01/2017/gowa-keluar-dari-bpjs-kesehatan-ini-kata-dprd-dan-gubernur (Accessed:7 November 2018).

Laksana, Z. & (2015) Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Lamaau, N. (2018) Pelayanan RSUD Syeh Yusuf Kabupaten Gowa Dikeluhkan Pasien, kabar.news. Edited by A. Frandi. Kabar News. Available at: https://arsip2.kabar.news/pelayanan-rsud-syekh-yusuf-gowa-dikeluhkan-pasien

Mustafa (2012) Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurjannah, R. (2017) ‘Manajemen Pelayanan Bagi Peserta Bpjs Kesehatan Di Rsud Syech Yusuf Kabupaten Gowa’, Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik. Makassar, 3(1), p. 73. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwir6e-TOusHeAhVMr48KHVc3CZkQFjAAegQIABAC&url=http%3A%2F%2Fjournal.unismuh.ac.id%2Findex.php%2Fkolaborasi%2Farticle%2Fdownload%2F894%2F831&usg=AOv-Vaw1U06LXtSYDRdGueEBD0eIg

Parawu, H. E. (2014) ‘Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Pusat Kesehatan Masyarakat Tempe Kabupaten Wajo).’ Wajo: STIA Puangrimaggalatung Sengkang, pp. 544–556. Available at: https://www.academia.edu/36078623/ANALISIS_KUALITAS_PELAYANAN_PUBLIK_Studi_pada_Pusat_Kesehatan_Masyarakat_Tempe_Kabupaten_Wajo

Pasolong, H. (2010) ‘Kepemimpinan Birokrasi’. Bandung: CV Alfabeta, p. 221.

Rahmayanti, N. (2010) ‘Manajemen Pelayanan Prima’. Yogyakarta: Graha Ilmu, p. 89.

Sinembela, D. (2012) ‘Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi’. Jakarta: Bumi Aksara.

Suaib, J. dan N. (2012) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rsud Syekh Yusuf Kabupaten Gowa’, Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas, 1(1). Available at: http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/418ef3c5a30c8713e8eb916d77829c11.pdf

tribunnews.com (2017) Perluas Pelayanan Kesehatan Gratis, Pemkab Gowa akan Verifikasi Warga Miskin., tribunnews.com. Makassar: Tribun Timur news. Available at: http://makassar.tribunnews.com/2017/04/20/perluas-pelayanan-kesehatan-gratis-pemkab-gowa-akan-verifikasi-warga-miskin

Unduhan

Diterbitkan

2018-11-09

Cara Mengutip

Hardianti, H., Mustari, N., & Parawu, H. E. (2018). Pengaruh Impersonalitas Terhadap Kepuasan Masyarakat di RSUD Syeh Yusuf Kabupaten Gowa. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 2(2), 123–137. https://doi.org/10.21787/mp.2.2.2018.123-137

Terbitan

Bagian

Artikel