Inovasi Pelayanan Publik
Studi Difusi Inovasi Penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.21787/mp.8.2.2024.117-130Kata Kunci:
Inovasi, Pelayanan Publik, Difusi, Identitas Kependudukan DigitalAbstrak
Inovasi identitas kependudukan digital hadir sebagai wujud transformasi digitalisasi dokumen kependudukan, untuk solusi permasalahan terkait dokumen kependudukan. Aplikasi IKD di proyeksi oleh pemerintah sekitar 25% pengguna dalam kurun satu tahun, sehingga diperlukan upaya untuk menyebarkan inovasi kepada masyarakat untuk kemudian di adopsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi penyebaran inovasi aplikasi identitas kependudukan digital (IKD) yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Pekanbaru, serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi inovasi aplikasi IKD bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Metode penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi IKD mempermudah akses, verifikasi data kependudukan berbasis online, yang dilengkapi dengan fitur keamanan untuk memberikan pelayanan publik yang lebih efektif, cepat dan transparan. Proses difusi aplikasi IKD di Kota Pekanbaru dimulai pada awal Januari tahun 2023 dengan sosialisasi secara bertahap dimulai dari pemerintah Kota Pekanbaru, sekolah-sekolah, UPTD kecamatan, pihak RT/RW serta lapisan masyarakat melalui program jemput bola, pihak Disdukcapil secara langsung memberikan pengertian terhadap aplikasi IKD, serta didukung melalui media massa, seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan website. Struktur sosial yang berperan meliputi Kemendagri, Disdukcapil Kota Pekanbaru, UPTD Kecamatan, dan seluruh lapisan masyarakat. Selama satu tahun, aplikasi IKD telah digunakan oleh 8% atau 61.372 user dari total penduduk wajib e-KTP di Kota Pekanbaru. Penerapan aplikasi IKD masih belum sesuai dengan harapan, hal ini dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan masyarakat terhadap aplikasi IKD, kemudahan inovasi, kegunaan aplikasi yang belum maksimal, aplikasi dinilai rumit dan sering eror, dan peraturan pemerintah. Ke depannya, dibutuhkan strategi untuk meningkatkan antusias dan keterlibatan masyarakat dalam menggunakan aplikasi identitas kependudukan digital (IKD). Kajian ini menjadi evaluasi bagi pemerintah dalam perancangan strategi agar digitalisasi aplikasi identitas kependudukan digital terwujud untuk menunjang pelayanan publik yang lebih baik.
Referensi
Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Rajawali Pers.
Aprilia, R. R. V., & Wahyudi, K. E. (2023). Implementasi Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) Di Balai RW Kelurahan Kalirungkut Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 645–650. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8415574
As’adi, M. H. (2020). Difusi Inovasi dan Adopsi Inovasi 99design.com (Studi Kasus di Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta). Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial, 1(2), 211–232. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i2.29
Aulia, N. N., & Rahmadanik, D. (2023). Pelayanan Identitas Kependudukan Digital Kelurahan Kalirungkut Kota Surabaya Jawa Timur. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(4).
Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. (n.d.). Retrieved December 2, 2023, from https://riau.bps.go.id/indicator/12/32/1/penduduk-kabupaten-kota.html
Bella, V. S., & Djoko, W. (2023). Implementasi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dalam Menunjang Pelanyanan Publik Masyarakat di Kecamatan Tambaksari. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 14–31.
Firdaus, R., & Sulfiani, A. N. (2021). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas Iii Kota Palopo. Jurnal La Galigo Public Administration Journal, 4(1).
Hanafi, A. (1986). Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Usaha Nasional.
Hartono, T., Trisakti, F. A., & Aprilia, G. (2021). Smart Card Madani: Solusi Berbasis Komunikasi Inovasi pada Pemerintahan Kota Pekanbaru, Riau. Jurnal Riset Komunikasi, 4(2), 232–246. https://doi.org/10.38194/jurkom.v4i2.288
Irma Nurdiana & Khithoh Ayumi. (2024). Implementasi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Di Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Harmoni Sosial : Jurnal Pengabdian dan Solidaritas Masyarakat, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.62383/harmoni.v1i2.141
Isharyono, A. B., Hardjati, D. S., & Ap, M. (2023). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Go-Online (Gool) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo. Jurnal Ilmiah Riset dan Pengembangan, 8(5), 49–57. https://ejournal.irpia.or.id/index.php/irpia-jurnal/article/view/204
Khatami, M. I., & Nurjanah, A. (2022). Difusi Inovasi dalam Penerapan Komunikasi Bencana pada Masa Mitigasi oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB). Jurnal Audiens, 3(3), 121–130. https://doi.org/10.18196/jas.v3i3.13152
Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Ke-6). Kencana Perdana Media Group.
Mardiyanti, R. I. (n.d.). Difusi Inovasi Pelayanan Publik (Inovasi Pelayanan “Samsat On The Spot” Di Kantor Bersama Samsat Karangploso Kabupaten Malang).
Marfu’ah, S. (2024). Digitalisasi Pelayanan Publik: Ketidaksiapan Masyarakat Dalam Penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Di Bojonegoro. Jomantara: Indonesian Journal of Art and Culture, Volume 15 No. 02 Juni 2024. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i02.12309
Mihardja, E. J. (2022). Penerapan Teori Difusi Inovasi Dalam Community Engagement: Kisah Pengolahan Limbah Rajungan Dari Indramayu. Journal of Dedicators Community, 6(2). https://doi.org/10.34001/jdc.v6i2.2030
Nafiah, N. (2024). Kompleksitas Penerapan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (Ikd) Dalam Rangka Pencatatan Identitas Kependudukan Di Kabupaten Nganjuk. Publika, 12(3).
Pemerintah Jadikan IKD Sebagai Identitas Digital Dasar. (2024). DUKCAPIL.KEMENDAGRI.GO.ID. https://dukcapil.kemendagri.go.id/blog/read/pemerintah-jadikan-ikd-sebagai-identitas-digital-dasar
Putri Vidiastuti, D., Darwin, M., & Ikhwan, H. (2023). Difusi dan Adopsi Inovasi SiBakul Markethub Free Ongkir DIY di Era Pandemi Covid-19. Matra Pembaruan, 7(1), 49–60. https://doi.org/10.21787/mp.7.1.2023.49-60
Ramayadi, H., & Sariningsih, N. (2020). Inovasi Program Bank Sampah Melalui Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Proses Komunikasi Perubahan Sosial. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 46. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1795
Rio Nanda Pratama, & Adianto, A. (2022). Difusi Inovasi Program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Pekanbaru. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(2), 92–112. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.446
Rohmah, A., Abiyyu, K. Y., Elisa, C., Nurasimah, Pasapan, N. L., Safika, Firdaus, M. N., & Permatasari, N. R. (2022). Adopsi Inovasi Layanan Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(01), 47–60. https://doi.org/10.46937/20202239408
Safitri, D. V. (2024). Partisipasi Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Untuk Mendorong Tertib Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Gunung Anyar Tambak. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 9(2), 59–65. https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i2.6870
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Saleh, C., Ibad, S., Mindarty, L. I., & Hariyono, B. S. (2023). Public Service Innovation Process of Smart Kampung Program at Banyuwangi. Jurnal Studi Komunikasi, 7(1), 229–248. http://dx.doi.org/10.25139/jsk.v7i1.5854
Sutisna, N., Muhaemin, M., & Ramadhan, A. (2022). Difusi Inovasi Aplikasi Siputeri dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik di Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, 8(2). https://doi.org/10.37058/jipp.v8i2.5746
Syasdawita, Z. (2022). “Diffusion Of Innovation Application Complaint Online Community Apekesah In Batam City In 2020 (Study In The Department Of Communication And Informatics Batam). Journal of Governance Innovation, 4(1), 84–100. https://doi.org/10.36636/jogiv.v4i1.686
Tri Wibowo, I. (2019). Proses Difusi Inovasi Program Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti): Studi Kasus Pada Ditjen Perbendaharaan Di D.I. Yogyakarta Tahun 2018. Indonesian Treasury Review Jurnal Perbendaharaan Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 4(4), 323–337. https://doi.org/10.33105/itrev.v4i4.139
Veronica Putri Oktaviana, P., Warsono, H., & Sunu Astuti, R. (2024). Proses Difusi Inovasi Identitas Kependudukan Digital (Ikd) Di Kabupaten Boyolali. Jurnal Kebijakan Publik Dan Tinjauan Manajemen, 13(2). https://doi.org/10.14710/jppmr.v13i2
Wattimena, Z., Septiyanti, M., & Mutiarin, D. (2021). Inovasi Kebijakan Pemerintah Daerah DIY dalam Membangun Ketahanan Pangan di Era Pandemi Covid-19. Matra Pembaruan, 5(2), 127–139. https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.127-139
Widaswara, R. Y., & Yoga Pramana, I. B. K. (2022). Difusi Inovasi Dan Adopsi Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Di Era Pembelajaran Daring. COMMUNICARE, 3(1), 21. https://doi.org/10.55115/communicare.v3i1.2135
Widiyarta A & Humaidah I. (2023). Implementasi Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Dalam Mendorong Digitalisasi Di Kelurahan Jepara Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 43–51. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8310255
Yulianah, S., & M. Yusuf. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Kantor Pelayanan Bersama Samsat Mataram. Media Bina Ilmiah, 13(8). https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.221
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Penulis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional berlaku untuk semua karya yang diterbitkan oleh Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan. Penulis akan mempertahankan hak cipta dari karya tersebut.