Triple Disruption dan Percepatan Akselerasi Transformasi Digital di Desa
Studi Inovasi Kebijakan Smart Kampung di Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.21787/mp.7.2.2023.87-97Kata Kunci:
pelayanan publik, inovasi, digitalisasi, triple disruption, kebijakan publikAbstrak
Artikel ini merupakan sebuah hasil penelitian yang menawarkan sebuah kebaharuan perspektif dalam melihat perkembangan inovasi dan transformasi digital dalam layanan publik pada pemerintahan daerah melalui perspektif Triple Disruption. Salah satu contohnya adalah penerapan kebijakan Smart Kampung di Banyuwangi, di mana penyelenggaraan layanan publik kepada masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien. Pendekatan ini tidak hanya terpusat di pusat kabupaten, melainkan juga tersebar secara merata di berbagai lapisan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi sebagai alat bantu. Selama ini disrupsi hanya dilihat dari sisi teknologi saja, melainkan dalam perkembangan dunia yang begitu dinamis, disrupsi berkembang pada kondisi yang terdampak melalui kehadiran pandemi Covid 19 yang lalu dan kebutuhan akan ekonomi hijau yang semakin mendesak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melihat peran pemerintah dan aktor masyarakat dalam mendorong upaya digitalisasi di sektor publik khususnya di desa dan efektivitas inovasi kebijakan Smart Kampung di Banyuwangi dalam upaya percepatan digitalisasi di desa di era Triple Disruption.
Referensi
Agus, A. (2019). Patologi Birokrasi dan Agenda Strategi: Kolaborasi Pendekatan New Public Management dan New Public Service Melalui Model Citizen`s Charter. Politea : Jurnal Politik Islam, 2(1), 77–90. https://doi.org/10.20414/politea.v2i1.1344
Akib, H., & Ihsan, A. (2017). Bureaucratic Reform in Public Service: A Case Study on the One Stop-Integrated Service. Mediterranean Journal of Social Sciences, 8(2), 253–258. https://doi.org/10.5901/mjss.2017. v8n2p253
Amalia, S. (2018). Reformasi Birokrasi 4.0: Strategi Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 21(2). http://jwk.bandung. lan.go.id/ojs/index.php/jwk/article/download/133/88
Assegaf, A., Qotrunada, A. S., Setiawan, B., Widiyanti, C. L., Sugiarto, E., Fatturahim, F., Harmono, F., Arntanti,
F. W., Sunaryanta, F., Violeta, H. F., Murti, H. wahyu, Herwanto, Fastikah, I. N., Bisma, M. F., Mustolih, Setiawan, O. P., Putri, R. A., Ramadhana, R. K. A. W., Hakim, S. N., … Adam, Y. B. (2021). Administrasi Publik di Era Disrupsi dan Big Data (Slamet Rosyadi, R. A. Nugroho, M. Yusuf, & T. Yuniningsih (eds.); 1st ed., Issue December). SIP Publishing. http://fisip.unsoed.ac.id/wp-content/uploads/2021/12/ISI- admin-publik_compressed.pdf
Aziz, N. A., & Putri, N. P. (2021). Smart Kampung, Mereduksi Birokratisasi Pelayanan Publik (Studi pada Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 007(03), 414–422. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2021.007.03.12
Bina Praja, J., Huda, rojul, & Setia Yunas, N. (2016). The Development of e - Government System in
Indonesia. Jurnal Bina Praja, 8(1), 97–108. https://doi.org/10.21787/jbp.8.2016.97-108
Bukman Lian. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Disrupsi, Tantangan dan Ancaman Bagi Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019, 40–45. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2512
Cahyarini, F. D. (2021). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 47. https://doi.org/10.31445/ jskm.2021.3780
Gede Gusta Ardiyasa, & Ety Rahayu. (2022). Implementasi Kebijakan Smart Kampung Di Kabupaten Banyuwangi. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(4), 712–728. https://doi.org/10.25157/ moderat.v8i4.2863
Gerbert, P., Lorenz, M., Rüßmann, M., Waldner, M., Justus, J., Engel, P., & Harnisch, M. (2015). Industry 4.0: The Future of Productivity and Growth in Manufacturing Industries. https://www.bcg.com/en-sea/ publications/2015/engineered_products_project_business_industry_4_future_productivity_growth_ manufacturing_industries.aspx
Li, G., Tan, J., & Chaudhry, S. S. (2019). Industry 4.0 and Big Data Innovations. Enterprise Information Systems, 13(2), 145–147. https://doi.org/10.1080/17517575.2018.1554190
Hollands, R. G. (2008). Will the real smart city please stand up? Intelligent, progressive or entrepreneurial?
City, 12(3), 303–320. https://doi.org/10.1080/13604810802479126
Kasali, Rhenald (2017). Disruption. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama. https://opac.perpusnas.go.id/
DetailOpac.aspx?id=1017529
Maruli, Saut (2021). PREFORMASI BIROKRASI DI ERA DISRUPSI (Mewujudkan Sistem Kerja yang Efektif, Efisien, Transparan dan Akuntabel). In Slamet Rosyadi & Rino Nugroho,. Administrasi Publik di Era Disrupsi dan Big Data. Banyumas: SIP Publishing. https://fisip.unsoed.ac.id/wp-content/uploads/2021/12/ISI-admin-publik_compressed.pdf
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE
Publications, Inc. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-data-analysis/book246128
Nurul, Irma Fastikah (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Birokrasi: Sebuah Langkah untuk Agenda Reformasi Birokrasi. In Slamet Rosyadi & Rino Nugroho,. Administrasi Publik di Era Disrupsi dan Big Data. Banyumas: SIP Publishing. https://fisip.unsoed.ac.id/wp-content/uploads/2021/12/ISI- admin-publik_compressed.pdf
Rendra Eko Wismanu, Nuh, M., Widodo, N., & Aziz, N. A. (2018). Model Inovasi Pemerintah Daerah Bidang Pelayanan Perizinan dalam Mewujudkan Smart City. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 4(4), 369–376. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2018.004.04.12
Richardus Eko Indrajit. (2002). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac. aspx?id=177594
Rimawati, E. (2023). Keunggulan Smart Kampung Banyuwangi Dipaparkan di ASEAN Smart City Network. Detik.Com. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6822005/keunggulan-smart-kampung-banyuwangi- dipaparkan-di-asean-smart-city-network
Sartika, D. (2013). Analisis Perilaku Birokrasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kelurahan Lambara Kecamatan Tawaeli. Katalogis, 1(7). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/ article/view/6823/5472
Schwab, K. (2016). The fourth industrial revolution. Geneva: World Economic Forum. https://www.weforum. org/about/the-fourth-industrial-revolution-by-klaus-schwab/
Sumaryanti, L., & Muchlis, D. (2023). Implementasi Teknologi Berbasis Smart Kampung Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 289–296. https://doi. org/10.46576/rjpkm.v4i1.2391
Tjahjo Kumolo. (2021). Pentingnya “Digital Leadership†dalam Transformasi Teknologi. Kementrian PANRB. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pentingnya-digital-leadership-dalam-transformasi- teknologi
Vaidya, S., Ambad, P., & Bhosle, S. (2018). Industry 4.0 - A Glimpse. Procedia Manufacturing, 20, 233–238.
https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.02.034
Wahab, S. A. (2008). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=660728
Winanti, P. S., Mas’udi, W., & Mugasejati, N. (2021). Triple Disruption: Karakteristik, Wujud, Dan Implikasinya (1st ed.). FISIPOL Universitas Gadjah Mada. https://megashift.fisipol.ugm.ac.id/2021/12/07/triple- disruption-karakteristik-wujud-dan-implikasinya/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Penulis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional berlaku untuk semua karya yang diterbitkan oleh Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan. Penulis akan mempertahankan hak cipta dari karya tersebut.