Difusi dan Adopsi Inovasi SiBakul Markethub Free Ongkir DIY di Era Pandemi Covid-19

Penulis

  • Dwi Putri Vidiastuti` Program Studi Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (Studi Kebijakan), Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  • Muhadjir Darwin Program Studi Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (Studi Kebijakan), Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  • Hakimul Ikhwan Program Studi Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (Studi Kebijakan), Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21787/mp.7.1.2023.49-60

Kata Kunci:

difusi, adopsi, inovasi SiBakul Markethub, pandemi Covid-19

Abstrak

Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada penurunan pendapatan dan kesulitan akses pemasaran bagi UMKM. Kondisi ini perlu adanya upaya pemulihan daya beli masyarakat dan fasilitas terhadap pemasaran produk UMKM melalui layanan berbasis online. Inovasi SiBakul Markethub hadir sebagai solusi untuk membantu permasalahan UMKM dengan memberikan fasilitas free ongkos kirim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses difusi dan adopsi inovasi SiBakul Markethub di Yogyakarta serta seberapa relevan inovasi dikembangkan pasca pandemi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini terdiri dari satu konsultan PLUT DIY dan sepuluh UMKM yang mengetahui inovasi SiBakul Markethub. Inovasi SiBakul Markethub merupakan sesuatu yang baru maka terdapat proses difusi inovasi. Terdapat empat elemen difusi inovasi yaitu karakteristik inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu dan sistem sosial. Proses adopsi inovasi menurut Rogers terdiri dari lima tahap meliputi pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi dan konfirmasi. Tahapan adopsi masyarakat terhadap SiBakul Markethub berbeda-beda tergantung kategori adopter. Hasil dari proses difusi dan adopsi inovasi memberikan dampak yang signifikan terhadap kenaikan omset. Inovasi SiBakul Markethub masih relevan dikembangkan pasca pandemi karena mendukung UMKM Go Digital. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan teori difusi inovasi dengan melihat konteks inovasi di masa pandemi Covid-19. Implikasi praktis dari penelitian ini memberikan wawasan kepada pemangku kepentingan terkait strategi pemasaran dan pengembangan layanan dalam menghadapi situasi pandemi.

Referensi

Amri, A. (2020). Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa Pandemi. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Anggraini, R. D. (2019). Difusi Inovasi Program Restorasi Gambut (Studi Kasus tentang Proses Difusi Inovasi Program Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) di Provinsi Kalimantan Tengah pada Periode Tahun 2016-2018). In Progress in Retinal and Eye Research (Vol. 561, Issue 3).

Annur, A. M. (2013). Difusi Adopsi Inovasi Penanggulangan Kemiskinan (Studi Difusi dan Adopsi Inovasi dalam Layanan “ Mbela Wong Cilik †Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan ( UPTPK ) di Kabupaten Sragen ). Journal of Rural and Development, IV(1), 14.

Aya. (2020). SiBakul Jogja Free Ongkir, Gerakan Menghidupkan Ekonomi Bakulan UMKM ala Yogyakarta - Advertorial. Komplas Advetorial. https://adv.kompas.id/baca/sibakul-jogja-free-ongkir-gerakanmenghidupkan-ekonomi-bakulan-umkm-ala-yogyakarta/

Bubel, D., Ostraszewska, Z., Turek, T., & Tylec, A. (2015). Innovation in Developing Countries - a New Approach. Globalization and Cultural Diversity, April 2017, 648–657.

Che Omar, A. R., Ishak, S., & Jusoh, M. A. (2020). The impact of Covid-19 Movement Control Order on SMEs’ businesses and survival strategies. Malaysian Journal of Society and Space, 16(2). https://doi.org/10.17576/geo-2020-1602-11

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaces (Fourth). SAGE. https://fe.unj.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Research-Design_Qualitative-Quantitativeand-Mixed-Methods-Approaches.pdf

Dana, L. P., Gurău, C., Hoy, F., Ramadani, V., & Alexander, T. (2021). Success factors and challenges of grassroots innovations: Learning from failure. Technological Forecasting and Social Change, 164(February), 119600. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.03.009

Djamba, Y. K., & Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. In Teaching Sociology (Vol. 30, Issue 3). https://doi.org/10.2307/3211488

Durmaz, Y., & Efendioglu, I. H. (2016). Travel from Traditional Marketing to Digital Marketing. Global Journal of Management and Business Research, 16(2), 35–40. https://doi.org/10.34257/gjmbrevol22is2pg35

Edi, P. (2021). 80 Persen UMKM di DIY Belum Melek Teknologi Internet. Merdeka.Com, 1. https://www.merdeka.com/peristiwa/80-persen-UMKM-di-diy-belum-melek-teknologi-internet.html

Eprilianto, D. F. (2016). Inovasi Dalam Sektor Publik (Studi Kasus : Proses Difusi Inovasi Aplikasi SIMPUS Di Kota Yogyakarta). In Jurnal Algoritma (Vol. 12, Issue 1). http://jurtek.akprind.ac.id/bib/rancangbangun-website-penyedia-layanan-weblog

Gerguri, S., Rexhepi, G., & Ramadani, V. (2013). Innovation Strategies and Competitive Advantages. Modern Economics, 8(1), 10–26.

Hadi, A. P., Indiyarti, D., & Miharja, D. L. (2019). Process of Diffusion and Decision of Innovation Village Information System: Case Study in Lombok Timur District, Nusa Tenggara Barat Province. Indonesian Journal of Socio Economics, 1(1), 1–11.

Hamdi, M., & Ismaryati, S. (2014). Metodologi Penelitian Administrasi (pp. 1–38). http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4613

Hazel Kaya, P. (2015). Joseph a. Schumpeter’S Perspective on Innovation. International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom, III(8), 25–37. http://ijecm.co.uk/

Ivan Aditya. (2021). SiBakul Jogja Bertransformasi Menjadi Markethub. In KR Jogja. https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/sibakul-jogja-bertransformasi-menjadi-markethub/

Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69–77. https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8581

KemenkopUKM. (2021). RI Kejar 30 Juta UMKM Go Digital Hingga 2024. In Kemenkopukm.Go.Id. https://kemenkopukm.go.id/read/ri-kejar-30-juta-umkm-go-digital-hingga-2024

Kristianus, A. (2020). Teten Masduki : 163 Ribu UMKM Terdampak Covid 19. In Investor Daily Indonesia.

Maharsi, D. N. (2021). Perilaku Umkm Dalam Pengapdosian E- Marketplace ( Studi Kasus Dari Penggunaan Yang Berkelanjutan ). In Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Miles, Matthew B., H. (2014). An analytic approach for discovery. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92).

OECD. (2020). Covid-19: SME Policy Responses. Tackling Coronavirus (COVID-19): Contributing to a Global Effort, March, 1–55. https://oecd.dam-broadcast.com/pm_7379_119_119680-di6h3qgi4x.pdf

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Pranyoto, S. (2021). SiBakul Terus Berinovasi di Tengah Pandemi. Harian Jogja. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2021/12/17/510/1091022/SiBakul- terus-berinovasi-di-tengah-pandemi

Pratama, H. W. (2016). Difusi Inovasi dan Adopsi Program Jaminan Kesehatan Nasional studi pada difusi inovasi dan adopsi jaminan kesehatan nasional sebagai program BPJS Kesehatan di Desa Catur Kabupaten Boyolali. 입법학연구, ì œ13ì§‘ 1호(May), 31–48.

Putri, I. P. (2021). Peran dan Interaksi Para Pemangku Kepentingan dalam Mengembangkan Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha Daerah Istimewa Yogyakarta (SiBakul Jogja) untuk Memberdayakan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. In FISIPOL UGM. Universitas Gadjah Mada.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (B. Wallace (ed.); fifth Edit). Free Press.

Sani Evani, F. (2020). Dampak Covid-19, Pendapatan UMKM di DIY Turun 80%. In Berita Satu. https://www.beritasatu.com/nasional/655435/dampak-covid19-pendapatan-umkm-di-diy-turun-80

Sariguna, P., Kennedy, J., S, T. W. H. P., Tampubolon, E., Fakhriansyah, M., Manajemen, P. S., & Ekonomi, F. (2020). Analisis Strategi Lockdown Atau Pembatasan Sosial Dalam Menghambat Penyebaran Covid-19: Sebuah Tinjauan Teoritis. Image : Jurnal Riset Manajemen, 9(1), 48–64. https://doi.org/10.17509/image.v9i1.24189

Satria, B. A. (2020). Inovasi Kebijakan Desa Tangguh Covid-19. 3(3), 337–348. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i3.13271

Scott, P. B. (2020). Declaration of State of Emergency in Response to COVID-19 and National Guard Call-Out“Executive Orderâ€. By the Governor. 01.

Urbancova, H. (2013). Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge. Journal of Competitiveness, 5(1), 82–96. https://doi.org/10.7441/joc.2013.01.06

Wahid, F. &, & Iswari, L. (2015). Adopsi Teknologi Informasi oleh Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. January 2007

Yin, R. K., & Djauzi Mudzakir, M. (2006). Studi kasus : desain & metode. RajaGrafindo Perkasa, 2006. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=374741

Zain, H. M. (2021). Analisis Difusi Inovasi Pelayanan Publik Kependudukan Studi Kasus: Inovasi Ojek Kependudukan (Jek-duk) di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Universitas Gadjah Mada.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Putri Vidiastuti, D., Darwin, M., & Ikhwan, H. (2023). Difusi dan Adopsi Inovasi SiBakul Markethub Free Ongkir DIY di Era Pandemi Covid-19. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 7(1), 49–60. https://doi.org/10.21787/mp.7.1.2023.49-60

Terbitan

Bagian

Artikel