Inovasi Aplikasi Bebaya untuk Pemulihan Perekonomian UMKM di Kota Samarinda

Penulis

  • Gusti Naufal Rizky Perdana Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Bambang Irawan Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Muhammad Nizar Hidayat Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21787/mp.7.1.2023.1-12

Kata Kunci:

inovasi, E-government, aplikasi Bebaya

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menjaga eksistensi pelaku UMKM di tengah perkembangan digitalisasi dan pandemi Covid-19 dengan menerapkan inovasi sektor publik dalam pemberdayaan UMKM. Tujuannya adalah mendeskripsikan dan menganalisis inovasi penerapan aplikasi Bebaya yang efektif oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, serta mengidentifikasi faktor penghambat inovasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi aplikasi Bebaya telah sesuai dengan karakteristik inovasi, namun terdapat faktor penghambat seperti kurangnya koordinasi dan komunikasi dalam pengembangan inovasi, kurangnya pengetahuan dan partisipasi masyarakat, ketidaktepatan sosialisasi dan promosi, penurunan transaksi akibat distribusi produk inovatif yang tidak konsisten, serta belum mencakup seluruh lapisan masyarakat. Implikasi penelitian ini adalah perlunya peningkatan koordinasi dan komunikasi, peningkatan pengetahuan dan partisipasi masyarakat, sosialisasi dan promosi yang lebih tepat, serta distribusi produk inovatif yang konsisten untuk mendukung pemberdayaan UMKM. Dengan mengatasi faktor penghambat ini, inovasi aplikasi Bebaya dapat lebih efektif dalam menjaga eksistensi pelaku UMKM di era digitalisasi dan pandemi Covid-19.

Referensi

Aldania, A., & Niswah, F. (2021). Strategi Kompetitif Melalui Program Pahlawan Ekonomi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi pada Pemerintah Kota Surabaya). Publika Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 137–148. https://doi.org/10.26740/publika.v9n2.p137-148

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512

Arifqi, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311

Ayush, G. K., & Gowda, R. (2020). a Study on Impact of Covid-19 on Digital Marketing: Paradigm Shift in Consumer Behaviour ... Vidyabharati International Interdisciplinary Research Journal, December, 225–228. https://dx.doi.org/10.5281/zenodo.5553256

Badan Pusat Statistik. (2023). Ekonomi Indonesia Tahun 2022 Tumbuh 5,31 Persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/02/06/1997/ekonomi-indonesia-tahun-2022-tumbuh-5-31-persen.html#:~:text=Ekonomi Indonesia tahun 2022 tumbuh sebesar 5%2C31 persen%2Clebih,Pergudangansebesar 19%2C87 persen

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Ekonomi Indonesia 2020 Turun sebesar 2,07 Persen (c-to-c). https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html

Bekkers, V., & Tummers, L. (2018). Innovation in the public sector: Towards an open and collaborative approach. International Review of Administrative Sciences, 84(2), 209–213. https://doi.org/10.1177/0020852318761797

Bloch, C., & Bugge, M. M. (2013). Public sector innovation — From theory to measurement à¬. Structural Change and Economic Dynamics, 27, 133–145. https://doi.org/10.1016/j.strueco.2013.06.008

Cinar, E., Trott, P., & Simms, C. (2019). A systematic review of barriers to public sector innovation process. Public Management Review, 21(2), 264–290. https://doi.org/10.1080/14719037.2018.1473477

Clarke, A. (2020). Digital government units: what are they, and what do they mean for digital era public management renewal? International Public Management Journal, 23(3), 358–379. https://doi.org/10.1080/10967494.2019.1686447

Creswell W, J. (2014). Research Design (Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. In Sage Publications (4th ed.). https://doi.org/10.1080/14675980902922143

Diskominfo Kaltim. (2021). UMKM Yang Terdampak Covid Mendapat Bantuan. https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/umkm-yang-terdampak-covid-mendapat-bantuan

Eriza, A., Yoserizal, & Putera, R. E. (2021). Inovas Pelayanan Publik Berbasis Android ‘ Paga Nagari ’ Di Polres Solok Kota. Jurnal Manajemen Publik Dan Kebijakan Publik (JMPKP), 3(2). https://doi.org/10.36085/jmpkp.v3i2.1229

Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. De La Macca. http://eprints.ipdn.ac.id/5504/

Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2021). Pemanfaatan digital marketing oleh pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12–20. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas/article/view/1496

Hardiyanti, Y. F., & Ma’aruf, M. F. (2021). Kajian Pemberdayaan Masyarakat Melalui BANGKODIR (Bangil Kota Bordir) Di Kelurahan Pogar Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Publika Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(1), 171–184. https://doi.org/10.26740/publika.v9n1.p171-184

Hasan, M., Dzakiyyah, A., Kumalasari, D. A., Safira, N., & Aini, S. N. (2021). Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(2), 135–150. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i2.2529

Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. (2018). Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. In Deepublish. Deepublish. http://repository.lppm.unila.ac.id

Indrayani, E. (2020). E-government Konsep, Implementasi dan Perkembangannya di Indonesia (Issue February). LPP Balai Insan Cendekia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1293413

Irawan, B., & Hidayat, M. N. (2021). E- Government : Konsep, Esensi dan Studi Kasus. https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/15689/Unesco_E-Government.pdf?sequence=1

Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24-37.2019

Khie, K. (2022). Impact and Challenges of Digital Marketing in Healthcare Industries during Digital Era and Covid-19 Pandemic. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(5), 112–118. https://doi.org/10.7777/jiemar.v3i5.408

Macella, A. D. R., Najamudin, N., Handayani, S. W., & Juraida, I. (2021). Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Aceh Kreatif Untuk Mengurangi Kemiskinan di Aceh. Jurnal Public Policy, 7(1), 75–82. https://doi.org/10.35308/jpp.v7i1.3095

Manoharan, A. P., & Ingrams, A. (2018). Conceptualizing E-Government from Local Government Perspectives. State and Local Government Review, 50(1), 56–66. https://doi.org/10.1177/0160323x18763964

Mardikanto, T., & Soebianto, P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=912575

Meredith, G. R., Brunson, M. W., & Hardegree, S. P. (2021). Management Innovations for Resilient Public Rangelands: Adoption Constraints and Considerations for Interagency Diffusion. Rangeland Ecology and Management, 75, 152–160. https://doi.org/10.1016/j.rama.2021.01.002

Naimah, R. J., Wardana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Nurhayoko, G. E., Pramudita, A., & Nugroho, R. B. B. (2020). Inovasi Birokrasi (Membuat Kerja Birokrat Lebih Bermakna). Kepustakaan Populer Gramedia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1305268

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota Samarianda. (2021). 42.805 UMKM Terdampak Covid-19 Diguyur Bantuan Tunai Rp51 Miliar. https://ppid.samarindakota.go.id/berita/kabarpemerintahan/42805-umkm-terdampak-covid-19-diguyur-bantuan-tunai-rp51-miliar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. (2022). IKN, PELUANG USAHA BAGI UMKM. https://www.kaltimprov.go.id/berita/ikn-peluang-usaha-bagi-umkm

Prakoso, C. T. (2020). Inovasi Layanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Perspektif Digital Government. Jurnal Paradigma, 9(2), 131–146. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JParadigma/article/view/5486

Pramesti, P., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Transformasi Bisnis Digital UMKM Bola Ubi Kopong di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS : Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 112–119. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i2.700

Putera, P. B., Arifin, M., Zulhamdani, M., Mulatsih, S., Indraprahasta, G. S., Asmara, A. Y., & Oktaviyanti, D. (2014). Kebijakan Inovasi di Daerah dalam Tatanan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002: Konsep dan Implementasinya di Jawa timur dan Jawa Tengah. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). https://lipipress.lipi.go.id/detailpost/kebijakan-inovasi-di-daerah-dalam-tatanan-undangundangnomor-18-tahun-2002

Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Science and Society, 3(1), 40–55. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v3i1.264

Rizwan, A. (2023). Digital Governance Initiatives in Pakistan to Combat COVID-19: Current Developments and Challenges for a Sustainable Future. Journal of Development and Social Sciences, 4(I). https://doi.org/10.47205/jdss.2023(4-i)08

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, interaktif dan Konstruktif). Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1085072

Thaha, A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/607

Tiwari, S. P. (2022). Organizational Competitiveness and Digital Governance Challenges. Archives of Business Research, 10(03), 165–170. https://doi.org/10.14738/abr.1003.12016

United Nations Conference on Trade and Development. (2022). ASEAN Investment Report 2022 – Pandemic Recovery and Investment facilitation (Issue October). https://asean.org/book/asean-investmentreport-2022/

Vargo, S. L., Akaka, M. A., & Wieland, H. (2020). Rethinking the process of diffusion in innovation: A serviceecosystems and institutional perspective. Journal of Business Research, 116(December 2018), 526–534. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.01.038

Widagdo, D. D. P. (2021). Upaya Digitalisasi Oleh Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Dalam Rangka Pemberdayaan Usaha Mikro Di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. IPDN Jatinangor. http://eprints.ipdn.ac.id/6081/

Yen, W. T. (2020). Taiwan’s COVID-19 Management: Developmental State, Digital Governance, and State-Society Synergy. Asian Politics and Policy, 12(3), 455–468. https://doi.org/10.1111/aspp.12541

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Perdana, G. N. R., Irawan, B., & Nizar Hidayat, M. (2023). Inovasi Aplikasi Bebaya untuk Pemulihan Perekonomian UMKM di Kota Samarinda. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.21787/mp.7.1.2023.1-12

Terbitan

Bagian

Artikel