Inovasi Pelayanan Publik
Pengalaman dari Kota Cilegon, Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21787/mp.6.2.2022.107-117Kata Kunci:
inovasi, pelayanan publik, pemerintah, Kota CilegonAbstrak
Inovasi sektor publik menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga berdampak pada tingginya kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintah. Namun, inovasi yang tersedia justru seringkali tidak selalu efektif memberikan perubahan yang lebih baik dalam tata kelola pemerintahan. Artikel ini berupaya menganalisa hambatan apa saja yang menyebabkan sebuah inovasi sektor publik kurang bekerja optimal dengan mengambil kasus spesifik di Kota Cilegon, Indonesia. Metode kualitatif-deskriptif dipilih sebagai pendekatan penelitian. Sementara, data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan utama. Pertama, inovasi pelayanan publik di Kota Cilegon tidak terlembaga secara mapan sehingga cenderung sekedar formalitas untuk memenuhi tuntutan institusi. Kedua, inovasi lebih banyak mengandalkan melalui pendekatan top-down tanpa pelibatan masyarakat yang massif, sehingga inovasi yang tercipta belum berdasarkan analisa kebutuhan publik. Hambatan yang ditemukan diantaranya: rendahnya komitmen dan political will pimpinan daerah, skema dukungan finansial tidak jelas, dan minimnya reward terhadap inovator.
Referensi
Adyawarman. (2021). The Challenges of Public Innovation : Insights From Risk Governance in Batang Regency. Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik, 25(1), 1–24. https://jurnal.ugm.ac.id/jkap/article/view/62314/31602
Agger, A., & Sørensen, E. (2018). Managing collaborative innovation in public bureaucracies. Planning Theory, 17(1), 53–73. https://doi.org/10.1177/1473095216672500
Alwan. (2021). Pengangguran Kota Cilegon Melonjak Jumlahnya Mencapai 25976. Bantensuara.com. https://banten.suara.com/read/2021/03/16/170032/pengangguran-kota-cilegon-melonjakjumlahnya-mencapai-25976?page=all
Chen, J., Walker, R. M., & Sawhney, M. (2020). Public service innovation: a typology. Public Management Review, 22(11), 1674–1695. https://doi.org/10.1080/14719037.2019.1645874
Creswell. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (3rd ed.). Pustaka Pelajar. https://pustakapelajar.co.id/buku/penelitian-kualitatif/
De Vries, H., Bekkers, V., & Tummers, L. (2016). Innovation in the public sector: A systematic review and future research agenda. Public Administration, 94(1), 146–166. https://doi.org/10.1111/padm.12209
De Vries, H., Tummers, L., & Bekkers, V. (2018). A stakeholder perspective on public sector innovation: why position matters. International Review of Administrative Sciences, 84(2), 269–287. https://doi.org/10.1177/0020852317715513
Deby, L., Putri, M., & Mutiarin, D. (2018). Efektifitas inovasi kebijakan publik; Pengaruhnya pada kualitas pelayanan publik di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA, 1–16. http://repository.umy.ac.id/ handle/123456789/29132.
Godenhjelm, S., & Johanson, J. E. (2018). The effect of stakeholder inclusion on public sector project innovation. International Review of Administrative Sciences, 84(1), 42–62. https://doi.org/10.1177/0020852315620291
Hapzah, S. N., Rianto, B., & Tamrin, M. H. (2020). Tata kelola inovasi pelayanan publik: dimensi kelembagaan, aktor kebijakan dan masyarakat. Publisia (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 5(2), 153–164. https://www.proquest.com/scholarly-journals/tata-kelola-inovasi-pelayanan-publik-dimensi/docview/2458752508/se-2?accountid=17242
Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. (2018). Evaluation of Local Government Innovation Program in Lampung Province. Jurnal Bina Praja, 10(2), 241–250. https://doi.org/10.21787/jbp.10.2018.241-250
Iqbal. (2021). Pengangguran Di Cilegon Naik Terus Wawalkot Ijazah Warga Rata Rata SMP. Detik.com. https://news.detik.com/berita/d-5522215/pengangguran-di-cilegon-naik-terus-wawalkot-ijazahwarga-rata-rata-smp
Lopes, A. V., & Farias, J. S. (2020). How can governance support collaborative innovation in the public sector? A systematic review of the literature. International Review of Administrative Sciences. https://doi.org/10.1177/0020852319893444
Lukman, I. B. (2021). Rethinking Public Sector Innovation in Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 59–67. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.012
Melo, S., De Waele, L., & Polzer, T. (2020). The role of Post-New Public Management in shaping innovation: the case of a public hospital. International Review of Administrative Sciences. https://doi.org/10.1177/0020852320977626
Pratama, A. B. (2019). The landscape of public service innovation in Indonesia. Innovation & Management Review, 17(1), 25–40. https://doi.org/10.1108/inmr-11-2018-0080
Queyroi, Y., Carassus, D., Maurel, C., Favoreu, C., & Marin, P. (2020). Local public innovation: an analysis of its perceived impacts on public performance. International Review of Administrative Sciences. https://doi.org/10.1177/0020852320963214
Trivellato, B., Martini, M., & Cavenago, D. (2021). How Do Organizational Capabilities Sustain Continuous Innovation in a Public Setting? American Review of Public Administration, 51(1), 57–71. https://doi.org/10.1177/0275074020939263
van Acker, W., & Bouckaert, G. (2018). What makes public sector innovations survive? An exploratory study of the influence of feedback, accountability and learning. International Review of Administrative Sciences, 84(2), 249–268. https://doi.org/10.1177/0020852317700481
Yanuar, R. M. (2019). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus: Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul Sebagai Layanan Kesehatan dan Kegawatdaruratan). Jurnal Ilmu Pemerintahan, 04(0274), 20. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kemudi/article/view/1335
Yin, R. (2006). Studi Kasus: Desain dan Metode. Grafindo Persada. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/studi-kasus-desain-dan-metode/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Penulis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional berlaku untuk semua karya yang diterbitkan oleh Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan. Penulis akan mempertahankan hak cipta dari karya tersebut.