Inovasi Pelayanan Publik

Pengalaman dari Kota Cilegon, Indonesia

Penulis

  • Mahpudin Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.21787/mp.6.2.2022.107-117

Kata Kunci:

inovasi, pelayanan publik, pemerintah, Kota Cilegon

Abstrak

Inovasi sektor publik menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga berdampak pada tingginya kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintah. Namun, inovasi yang tersedia justru seringkali tidak selalu efektif memberikan perubahan yang lebih baik dalam tata kelola pemerintahan. Artikel ini berupaya menganalisa hambatan apa saja yang menyebabkan sebuah inovasi sektor publik kurang bekerja optimal dengan mengambil kasus spesifik di Kota Cilegon, Indonesia. Metode kualitatif-deskriptif dipilih sebagai pendekatan penelitian. Sementara, data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan utama. Pertama, inovasi pelayanan publik di Kota Cilegon tidak terlembaga secara mapan sehingga cenderung sekedar formalitas untuk memenuhi tuntutan institusi. Kedua, inovasi lebih banyak mengandalkan melalui pendekatan top-down tanpa pelibatan masyarakat yang massif, sehingga inovasi yang tercipta belum berdasarkan analisa kebutuhan publik. Hambatan yang ditemukan diantaranya: rendahnya komitmen dan political will pimpinan daerah, skema dukungan finansial tidak jelas, dan minimnya reward terhadap inovator.

Referensi

Adyawarman. (2021). The Challenges of Public Innovation : Insights From Risk Governance in Batang Regency. Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik, 25(1), 1–24. https://jurnal.ugm.ac.id/jkap/article/view/62314/31602

Agger, A., & Sørensen, E. (2018). Managing collaborative innovation in public bureaucracies. Planning Theory, 17(1), 53–73. https://doi.org/10.1177/1473095216672500

Alwan. (2021). Pengangguran Kota Cilegon Melonjak Jumlahnya Mencapai 25976. Bantensuara.com. https://banten.suara.com/read/2021/03/16/170032/pengangguran-kota-cilegon-melonjakjumlahnya-mencapai-25976?page=all

Chen, J., Walker, R. M., & Sawhney, M. (2020). Public service innovation: a typology. Public Management Review, 22(11), 1674–1695. https://doi.org/10.1080/14719037.2019.1645874

Creswell. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (3rd ed.). Pustaka Pelajar. https://pustakapelajar.co.id/buku/penelitian-kualitatif/

De Vries, H., Bekkers, V., & Tummers, L. (2016). Innovation in the public sector: A systematic review and future research agenda. Public Administration, 94(1), 146–166. https://doi.org/10.1111/padm.12209

De Vries, H., Tummers, L., & Bekkers, V. (2018). A stakeholder perspective on public sector innovation: why position matters. International Review of Administrative Sciences, 84(2), 269–287. https://doi.org/10.1177/0020852317715513

Deby, L., Putri, M., & Mutiarin, D. (2018). Efektifitas inovasi kebijakan publik; Pengaruhnya pada kualitas pelayanan publik di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA, 1–16. http://repository.umy.ac.id/ handle/123456789/29132.

Godenhjelm, S., & Johanson, J. E. (2018). The effect of stakeholder inclusion on public sector project innovation. International Review of Administrative Sciences, 84(1), 42–62. https://doi.org/10.1177/0020852315620291

Hapzah, S. N., Rianto, B., & Tamrin, M. H. (2020). Tata kelola inovasi pelayanan publik: dimensi kelembagaan, aktor kebijakan dan masyarakat. Publisia (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 5(2), 153–164. https://www.proquest.com/scholarly-journals/tata-kelola-inovasi-pelayanan-publik-dimensi/docview/2458752508/se-2?accountid=17242

Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. (2018). Evaluation of Local Government Innovation Program in Lampung Province. Jurnal Bina Praja, 10(2), 241–250. https://doi.org/10.21787/jbp.10.2018.241-250

Iqbal. (2021). Pengangguran Di Cilegon Naik Terus Wawalkot Ijazah Warga Rata Rata SMP. Detik.com. https://news.detik.com/berita/d-5522215/pengangguran-di-cilegon-naik-terus-wawalkot-ijazahwarga-rata-rata-smp

Lopes, A. V., & Farias, J. S. (2020). How can governance support collaborative innovation in the public sector? A systematic review of the literature. International Review of Administrative Sciences. https://doi.org/10.1177/0020852319893444

Lukman, I. B. (2021). Rethinking Public Sector Innovation in Indonesia. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 59–67. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.012

Melo, S., De Waele, L., & Polzer, T. (2020). The role of Post-New Public Management in shaping innovation: the case of a public hospital. International Review of Administrative Sciences. https://doi.org/10.1177/0020852320977626

Pratama, A. B. (2019). The landscape of public service innovation in Indonesia. Innovation & Management Review, 17(1), 25–40. https://doi.org/10.1108/inmr-11-2018-0080

Queyroi, Y., Carassus, D., Maurel, C., Favoreu, C., & Marin, P. (2020). Local public innovation: an analysis of its perceived impacts on public performance. International Review of Administrative Sciences. https://doi.org/10.1177/0020852320963214

Trivellato, B., Martini, M., & Cavenago, D. (2021). How Do Organizational Capabilities Sustain Continuous Innovation in a Public Setting? American Review of Public Administration, 51(1), 57–71. https://doi.org/10.1177/0275074020939263

van Acker, W., & Bouckaert, G. (2018). What makes public sector innovations survive? An exploratory study of the influence of feedback, accountability and learning. International Review of Administrative Sciences, 84(2), 249–268. https://doi.org/10.1177/0020852317700481

Yanuar, R. M. (2019). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus: Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul Sebagai Layanan Kesehatan dan Kegawatdaruratan). Jurnal Ilmu Pemerintahan, 04(0274), 20. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kemudi/article/view/1335

Yin, R. (2006). Studi Kasus: Desain dan Metode. Grafindo Persada. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/studi-kasus-desain-dan-metode/

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Mahpudin. (2022). Inovasi Pelayanan Publik: Pengalaman dari Kota Cilegon, Indonesia. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 6(2), 107–117. https://doi.org/10.21787/mp.6.2.2022.107-117

Terbitan

Bagian

Artikel