Kajian Evaluasi Tenaga Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kutai Kartanegara Provinsi Kaltim

Authors

  • Muhammad Soleh Pulungan Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.21787/jbp.07.2015.51-62

Keywords:

Kata Kunci, Pendidikan, guru, evaluasi, peningkatan, kualitas, sarana. Keywords, Education, teachers, evaluation, improvement, quality, means

Abstract

Abstrak

Peningkatan kualitas sumber daya manusia mutlak diperlukan dalam proses pembangunan sektor pendidikan  di era globalisasi. Tujuan pengkajian ini adalah; Untuk mengevaluasi penempatan tenaga pendidikan sesuai dengan kompetensi, Untuk  menganalisis  standar kualifikasi tenaga pendidikan, Untuk mengetahui standar kualitas pendidikan di Kab. Kutai Kartanegara. Metode Penelitian yang dilakukan secara survey, dengan  populasi adalah kepala sekolah  dan  guru SD, SMP dan SMA, dengan tiga zona, yakni: zona I, II, dan III di Kutai Kartanegara. Hasil Penelitian; Standar Pendidikan yang dimiliki para  guru cukup tinggi, dengan spesialisasi tertentu. Kekurangan tenaga pendidik bidang studi tertentu, mengakibatkan sebagian guru  mengajar tidak sesuai keahliannnya. Untuk lebih meningkatkan kualitas guru disarankan untuk aktif mengikuti seminar, workshop, dan pelatihan. Strategi pembangunan pendidikan tidak hanya berdasarkan pada input oriented saja, tetapi juga  harus  lebih memperhatikan faktor proses pendidikan. Peranan pemerintah melalui Dinas Pendidikan diharapkan untuk melakukan analisis kebutuhan guru setiap tahun, perbaikan dan peningkatan sarana prasarana sekolah, sesuai kebutuhan  masing-masing.

 

Abstract

Improving the quality of human resources is absolutely necessary in the process of education sector development in the era of globalization. The purpose of this study is; To evaluate the placement of education according to the competence, To analyze the qualification standards of education, To determine the quality standards of education in the district Kutai Kartanegara. Methods Research conducted a survey, the population is the principal and elementary teacher, junior high and high school, with three zones, namely: zone I, II, and III in Kutai. Research Result; Education standards that teachers have high enough, with a particular specialization. Disadvantages educators particular field of study, resulting in the majority of teachers do not teach according keahliannnya. To further improve the quality of teachers are advised to actively participate in seminars, workshops, and training. Education development strategy is not only based on the input oriented, but also must pay more attention to the educational process factors. The role of the government through the Department of Education is expected to conduct a needs analysis of teachers every year, repair and improvement of school infrastructure, according to the needs of each.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsim. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit: Bumi Aksara Jakarta

Hadis, Abdul, dan Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Penerbit: Alfabeta Bandung

Irawan, Suhartono. 2000. Metode Penelitian Sosial. Penerbit: PT. Rosda Karya Bandung

Singarimbun, Masri, 2008, Metode Penelitian Sosial. Penerbit: LP3ES Jakarta

Sondang, P Siagian. 2009. Kiat meningkatkan Produktifitas Kerja. Penerbit: Rineka Cipta Jakarta.

Sulistiani, Ambar Teguh, dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumberdaya Manusia. Penerbit: Graha Ilmu Yogyakarta.

Sondang, P. Siagian. 1998. Manajemen Abad Ke- 21. Penerbit: Bumi Aksara Jakarta

Soedijarto, H. 2003. Pendidikan Nasional sebagai Proses Transformasi Budaya. Penerbit: Balai Pustaka, Jakarta.

Tirtaraharja, Umar dan Sula. SL .2005. Pengantar Pendidikan. Penerbit: Rineka Cipta Jakarta.

Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Penerbit: Bumi Aksara Jakarta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah

Undang- undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Downloads

Published

2015-12-21

How to Cite

Pulungan, M. S. (2015). Kajian Evaluasi Tenaga Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kutai Kartanegara Provinsi Kaltim. Jurnal Bina Praja, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.21787/jbp.07.2015.51-62

Issue

Section

Articles