Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta

Penulis

  • Esa Septian Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.21787/mp.5.1.2021.53-64

Kata Kunci:

penerapan, pendaftaran, online

Abstrak

Pada umumnya antrian pendaftaran rawat jalan rumah sakit mengalami permasalahan waktu tunggu antrian yang lama dan berbelit-belit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana penerapan sistem pelayanan pendaftaran online di RSUP Dr. Sardjito dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sistem pelayanan aplikasi pendaftaran online di RSUP Dr. Sardjito. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian desktiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem pelayanan aplikasi pendaftaran online di RSUP Dr. Sardjito cukup berjalan dengan optimal. Dilihat dari aspek sederhana, transparansi dan keadilan yang optimal, tetapi aspek partisipasi, akuntabel dan berkelanjutan belum optimal. Kesederhanaan aplikasi pendaftaran online menjadi mudah dan cepat, sehingga dapat mengurangi antrian diloket pendaftaran manual. Transparansi pada keterbukaan informasi telah dilakukan melalui media sosial, website, aplikasi maupun petugas. Keadilan ditinjau dari kemampuan pasien yang berbeda-beda dari segi kemampuan menggunakan aplikasi dan kemampuan secara finansial. Sedangkan partisipasi dalam menyampaikan informasi penggunaan aplikasi secara langsung dan spanduk informasi masih sedikit serta belum memuat informasi secara detail. Akuntabel aplikasi pendaftaran online menunjukan kinerja petugas mengalami hambatan dalam memberikan feedback verifikasi berkas pasien. Berkelanjutan, terkait sistem antrian di pelayanan poliklinik belum terdapat nomor antrian. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan aplikasi pendaftaran online, yaitu faktor komitmen RSUP Dr. Sardjito terhadap kebijakan, penggunaan aplikasi, dan sarana dan prasarana.

Referensi

Ahmad, J. (2015). Metode Penelitian Administrasi Publik Teori dan Aplikasi. Gava Media.

Aplikasi Pendaftaran Online RSUP Dr. Sardjito, (2018). https://play.google.com/store/apps/details?id=net.simetris.reservasi.online.sardjito&hl=in&showAllReviews=true

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Kencana.

Hayat. (2020). Paradigma Good Governance Menuju Shared Governance Melalui Reformasi Birokrasi dan Inovasi Pelayanan Publik. Aristo, 8(1), 1–23. https://doi.org/10.24269/ars.v8i1.2270

Heryana, A. (2017). Sistem : Teori , Pengertian dan Berfikir Sistem Aplikasi dalam Bidang Kesehatan. November 2017, 1–36. https://www.researchgate.net/profile/Ade_Heryana2/publication/321012052_Sistem_teori_pengertian_dan_berfikir_sistem_dalam_bidang_kesehatan/links/5a073270a6fdcc65eab3a7e0/Sistem-teori-pengertian-dan-berfikir-sistem-dalam-bidang-kesehatan.pdf

Instruksi Presiden (Inpres) No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government

Martiana, E. (2018). Evaluasi Simrs Bagian Pendaftaran Online Pasien Rawat. 34–39. https://publikasi.aptirmik.or.id/index.php/snarsjogja/article/view/93

Masniah. (2015). An Implementation of Outpatient Online Registration Information System of Mutiara Bunda Hospital. International Journal of Advanced Research in Artificial Intelligence, 4(12), 9–16. https://thesai.org/Publications/ViewPaper?Volume=4&Issue=12&Code=ijarai&SerialNo=2

Murang, Y., Idris, A., & Djumlani, A. (2014). Studi Kualitas Pelayanan Publik di Badan Koordinasi Penanaman Modal Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Kabupaten Nunukan. 2(3), 1677–1690. http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/08/01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (1) (08-26-14-04-16-35).pdf

Nugroho, B. S. (2018). Inovasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Daerah K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang. http://eprints.undip.ac.id/61683/

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2011 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Indonesia 2010-2025

Ramdhani, V. D. (2015). Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kantor Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/28604/1/SKRIPSI_Vintya Dwi Ramadhani_11402244034.pdf

Rizki, A. (2019). Inovasi Facilitating Service di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (Studi Tentang Reservasi Online Support System). In Skripsi. http://digilib.unila.ac.id/59068/3/3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Sampama, A. (2016). Penerapan E-Government Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat di Samarinda. EJournal Komunikasi, 4(4), 137–148. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/11/IK_AZANNANTO_E-GOVERNMENT (11-15-16-04-12-55).pdf

Surat Keputusan (SK) Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito Nomor: HK.02.03./XI.4/74/2020 tentang penetapan dan pemberlakuan penggunaan sistem pendaftaran online di RSUP Dr. Sardjito

Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Edisi Pert). Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-09

Cara Mengutip

Septian, E. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(1), 53-64. https://doi.org/10.21787/mp.5.1.2021.53-64

Terbitan

Bagian

Artikel