Kualitas Pelayanan Aparatur RSUD Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Kediri terhadap Masyarakat Miskin

Authors

  • Irtanto Irtanto Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.261-280

Keywords:

kualitas pelayanan, masyarakat miskiin, kualitas SDM, informasi pelayanan.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitiatif, yang bertujuan (1) mengetahui penilaian pasien miskin terhadap kualitas pelayanan aparatur kesehatan yang dilakukan RSUD; (2) mengetahui analisa celah (gap analysis) dan alternatif penyelesaian masalah kondisi kualitas pelayanan kesehatan masyarakat miskin di RSUD Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Kediri dan Kota Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan aparatur RSUD ketiga daerah penelitian rata-rata mempunyai kinerja pelayanan sangat baik, dengan IKM sebesar 3,3 atau nilai interval IKM 82,50 dengan mutu pelayanan A, sangat baik. Namun demikian masih ada kesenjangan antara penilaian aparatur maupun pasien miskin yaitu berupa masih ada kekurangan dan kendala pelayanan yang kemudian akan diambil berbagai kebijakan sebagai langkah perbaikan terhadap program, sistim administrasi, prosedur pelayanan, SDM aparatur maupun sarana dan prasana.


Abstract

This research uses quantitative and qualitative descriptive approach, which aims to (1) determine the assessment of the patient's poor quality of health services apparatus who conducted RSUD (the Regional Public Hospital), (2) to know the gap analysis and alternative problem solving of condition of the poor health services quality in RSUD of District of Pasuruan, District of Kediri and Mojokerto City. The results showed that the services quality of RSUD apparatus on third area of study have an average service performance is excellent, with the IKM (Community Health Index) of 3.3 or 82.50 IKM interval value with quality of service A, very good. However, there is still a gap between apparatus and poor patient assessment is still no shortage of services and constraints. From here then will take up many policies, as a measure to enhance the program, system administration, procedures of service , human resources of apparatus, facilities and infrastructures also.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, Tjandra Yoga. 2004. Manajemen Rumah Sakit. Edisi Kedua. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Adi, Isbandi Rukminto. 1994. Psikologi Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar, Azrul. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Donabedian, A. 1998. The Quality Care. New York: Pragrave.

Kotler, Philips. 1995. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Jakarta: Salemba empat.

Monier, H.A.S. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratminto dan Winarsih, Atik. 2009. Menejemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Tangkilisan, Hessell Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Trisnantoro, Laksono. 2005. Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Widodo, Joko. 2002. Good Governance Telaah dari Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi pada Era Desentraliasi dan Otonomi Daerah. Surabaya: Insan Cendekia.

Widodo, Samodra. 2001. Evaluasi Pelayanan Sektor Publik. Jakarta: Persada.

Yami, Zulian, 2004. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia, Jawa Pos, 30 Juni 2011.

Downloads

Published

2013-12-31

How to Cite

Irtanto, I. (2013). Kualitas Pelayanan Aparatur RSUD Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Kediri terhadap Masyarakat Miskin. Jurnal Bina Praja, 5(4), 261–279. https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.261-280

Issue

Section

Articles