Implementasi Kebijakan Satu Peta Energi Sumber Daya Mineral (ESDM One Map) di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia
Fernando Pakpahan
Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri
Thoriq Ramadani
Kementerian ESDM Republik Indonesia
Satria Adi Pradana
Kementerian ESDM Republik Indonesia
M. Agus Supriyanto
Kemenkopolhukam Republik Indonesia
Eko Mardiyono
BPP Kemendagri Republik Indonesia
PDF

Bagaimana Mengutip

Pakpahan, F., Ramadani, T., Pradana, S., Supriyanto, M., & Mardiyono, E. (2019). Implementasi Kebijakan Satu Peta Energi Sumber Daya Mineral (ESDM One Map) di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 3(2), 109-118. https://doi.org/10.21787/mp.3.2.2019.109-118

Abstrak

Tumpang tindihnya data dasar terkait sumber daya energi khususnya enegi tak terbarukan menimbulkan permasalahan dalam pengelolaannya, Hal ini berdampak terhadap efisiensi pengelolaan sumber daya energi tak terbatas yang terbatas, oleh sebab itu diperlukan adanya integrasi pengelolaan data dasar sumber daya energi tak terbarukan agar dapat dilakukan diversifikasi energi supaya pasokan energi dapat terjamin. Untuk menjamin pasokan energi diperlukan pengelolaan energi yang berhubungan dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Dalam mewujudukan tata kelola pemerintahan yang baik, data yang tersedia harus dikelola secara komperehensif dan terkini, untuk itu dikeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi Tahap Delapan dan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1: 50.000. Selaras dengan hal tersebut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membangun ESDM One Map Indonesia. Penelitan ini berusaha menjawab bagaimana implementasi ESDM One Map Indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif pada Pusat Data Teknologi dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) . Hasil dari penelitian ini adalah implementasi ESDM One Map Indonesia adalah sudah dijalankan namun ada yang perlu ditingkatkan seperti penyamaan format dalam pemberian dan pengkinan data untuk ESDM One Map Indonesia dari unit-unit organisasi di lingkungan Kementerian ESDM. Selain itu, dengan adanya road map 2017-2020 menjadi panduan dalam keberlanjutan pengembangan ESDM One Map Indonesia ke depan.

PDF

Referensi

Ate, B. D. (2016). Pengembangan Model Keberlanjutan Klaster Industri Berbasis Tebu Dalam Rangka Swasembada Gula Nasional (Studi Kasus: Klaster Industri Berbasis Tebu Di Jawa Timur). Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Retrieved from http://repository.its.ac.id/41727/

Bretz, K. J. (2017). Indonesia’s One Map Policy: A Critical Look at the Social Implications of a ’Mess. University of South Carolina. Retrieved from https://scholarcommons.sc.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1132&context=senior_theses

Dye, T. R. (2017). Understanding Public Policy. Florida: Florida State University.

Edwards, G. C. (1980). Implementing Public Policy. Washington, D.C. : Congressional Quarterly Press.

Hasyim, F., Subagio, H., & Darmawan, M. (2016). One map policy (OMP) implementation strategy to accelerate mapping of regional spatial planing (RTRW) in Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 37, p. 012054). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/37/1/012054

Hidayat, F., Apriyani, R., & Septiani, A. (2018). Kebijakan Satu Peta, Solusi Cepat Tangani Konflik Kepemilikan Lahan. Retrieved July 14, 2019, from https://kbr.id/nasional/12-2018/kebijakan_satu_peta__solusi_cepat_tangani_konflik_kepemilikan_lahan__/98422.html

Khalid, I., & Mukhtar, A. (2016). Energy Crisis: An Issue of Good Governance, A Way Forward. Journal of Political Studies, 23(1), 116. Retrieved from https://www.questia.com/library/journal/1P3-4123261181/energy-crisis-an-issue-of-good-governance-a-way

Kurnia, F. (2019). Ini Yang Dikhawatiran Dinas ESDM Riau Soal Peremajaan Pipa Blok Rokan. Retrieved July 14, 2019, from https://www.gatra.com/detail/news/421685/economy/ini-yang-dikhawatiran-dinas-esdm-riau-soal-peremajaan-pipa-blok-rokan

McCall, M. K., & Dunn, C. E. (2012). Geo-information Tools for Participatory Spatial Planning: Fulfilling the Criteria for ‘Good’ Governance? Geoforum, 43(1), 81–94. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2011.07.007

Mennecke, B. E., & Jr, awrence A. W. (2001). Geographic Information Systems in Developing Countries: Issues in Data Collection, Implementation and Management. JGIM, 9(Januari), 44–54. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/220500421_Geographic_Information_Systems_in_Developing_Countries_Issues_in_Data_Collection_Implementation_and_Management

Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. E. (2016). Ketahanan Energy 2016 (2016th ed.). Jakarta: Dewan Energi Nasional Republik Indonesia.

Nasrulhak, A. (2019). Deteksi Cadangan Migas, ESDM akan Kembangkan Inovasi NDRM. Retrieved July 14, 2019, from https://finance.detik.com/energi/d-4487040/deteksi-cadangan-migas-esdm-akan-kembangkan-inovasi-ndrm

Nurwadjedi, Hartini, S., & Rosalina, L. (2018). Developing one map of national marine resources of Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 162, p. 012028). Cibinong: IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/162/1/012028

Santoso, R. (2017). Kebijakan Energi di Indonesia: Menuju Kemandirian. Jurnal Analis Kebijakan, 1(1), 28–36. Retrieved from http://pusaka.lan.go.id

Setyowati, H. A., Dwinugroho, M. P., Sigit Heru Murti, B. S., Yulianto, A., Ajiwihanto, N. E., Hadinata, J., & Sanjiwana, A. K. (2018). ESDM One Map Indonesia Indonesia: Opportunities and Challenges to Support One Map Policy based on Applied Web-GIS. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 165, p. 012021). https://doi.org/10.1088/1755-1315/165/1/012021

Sholiq. (2006). Pemodelan sistem informasi berorientasi objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supratman, D. (2016). Optimalisasi Pelayanan Publik Birokrasi Pemerintah. Administrasi Publik, XII(1), 11–16. Retrieved from http://docplayer.info/78265948-Optimalisasi-pelayanan-publik-birokrasi-pemerintah-optimization-of-public-service-government-bureaucracy-dindin-supratman.html

Susanto, A., Subarya, C., & Poniman, A. (2016). Kebijakan Satu Peta; Momentum Reformasi Penyelenggaraan Informasi Geospasial Nasional. In Seminar Nasional Geomatika (pp. 23–34). semnas.big.go.id. https://doi.org/10.24895/SNG.2016.0-0.99

validnews.id. (2019). Memaksimalkan Manfaat Nasionalisasi Sektor Migas. Retrieved July 14, 2019, from https://www.validnews.id/Memaksimalkan-Manfaat-Nasionalisasi-Sektor-Migas-OKw

Wahid, F., & Saebo, Ø. (2015). The Use of Information Systems in Indonesia’s Land Management. In The 13th International Conference on Social Implications of Computers in Developing Countries. Negombo. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/280301131_The_Use_of_Information_Systems_in_Indonesia’s_Land_Management

Wijaya Soelistijo, U., Anjani, P. L., Pratama, H. I., Pili, H. La, & Herdyanti, M. K. (2015). Trend of Mineral Commodity Price and its Impact on the Indonesia Economy 1990-2025. Earth Sciences, 4(4), 129. https://doi.org/10.11648/j.earth.20150404.11

Winarno, B. (2012). Kebijakan publik: teori, proses, dan studi kasus : edisi dan revisi terbaru. Jakarta: Center for Academic Publishing Service.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional berlaku untuk semua karya yang diterbitkan oleh Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan. Penulis akan mempertahankan hak cipta dari karya tersebut.