Penggunaan Media Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Studi Kasus di Universitas Abdurrab Pekanbaru Riau)

Authors

  • Kori Cahyono Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau

DOI:

https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.243-252

Keywords:

motivasi, hasil belajar, media interaktif berbasis web, penelitian tindakan

Abstract

Abstrak

Motivasi dan hasil belajar adalah dua faktor penting dalam menentukan efektivitas proses pembelajaran. Hasil belajar mata kuliah pemrograman berorientasi objek siswa rendah selama dua tahun terakhir. Hal ini mungkin disebabkan oleh bentuk materi yang masih abstrak sehingga motivasi belajar siswa rendah. Penelitian tindakan kelas bertujuan menggambarkan proses pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis web untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Obyek penelitian adalah siswa jurusan Teknik Informatika Abdurrab University. Penelitian dilakukan dalam dua siklus penelitian tindakan. Setiap siklus penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengukur hasil penelitian menggunakan tiga instrumen yaitu kuesioner motivasi, lembar observasi, dan lembar evaluasi hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi siswa sebesar 17,65%, dan peningkatan hasil belajar sebesar 44,12%.


Abstract

Motivation and learning outcomes are two important factors in determining the effectiveness of the learning process. The results of student learning object-oriented programming is low during the last two years. This may be caused by a form of matter that remains abstract so that students motivation is low. Classroom action research aims to describe the process of learning to use web-based interactive media to enhance student motivation and learning outcomes. Object of research is a student majoring in Computer Science Abdurrab University. The study was conducted in two cycles of action research. Each cycle consisted of four phases of planning, action, observation and reflection. To measure the results of the study used three instruments, namely the motivation questionnaires, observation sheets, and evaluation of learning outcomes sheet. The results of data analysis showed that there was an increase of 17.65% student motivation, and improved learning outcomes for 44.12%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief S, Sadiman, dan A. Tresna Sastrawijaya. 1991. Pengembangan Program Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cahyono, Kori. 2007. Penggunaan Media Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Struktur Data Pemrograman Komputer Mahasiswa Kelas 2 Di Politeknik Caltex Riau. Tesis. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Dale, E. 1969. Audio Visual Methos in Teaching. (Third Edition) New York: The Dryden Press.

Gagne, R.M. and M.P. Driscoll. 1988. Essentials of Learning for Instruction. New York: Prentice Hall, Inc.

Gagne, R.M. 1989. The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinchart and Winston.

Heinich, et al . 1996. Instructional Media and Technology for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Keller, J. M. 1987. Development and Use of The ARCS Model of Motivational Design, Journal of
Instructional Development, 10(3), 2-10. (http://www.arcsmodel.com/, diakses 29 Juni 2012).

Kemmis, Stephen and Mc Taggart, Robin. 1988. The Action Research Planner. Third Edition, Victoria:Deakin University Press.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Ciawi, Ghalia Indonesia

Soekamto dan Winataputra. 1995. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sugeng, Mardiyono. 2005. Inovasi Pembelajaran Matematika dan Sistem Evaluasinya Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Makalah Disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Negeri
Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Winkel, 1996. Psikologi Pengajaran. Edisi Revisi, Jakarta: PT Gramedia Widya Sarana.

Downloads

Published

2013-12-31

How to Cite

Cahyono, K. (2013). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Studi Kasus di Universitas Abdurrab Pekanbaru Riau). Jurnal Bina Praja, 5(4), 243–251. https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.243-252

Issue

Section

Articles