Panduan Penulis

Penulisan harus diserahkan sesuai dengan panduan berikut ini:

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan dikirimkan secara online melalui situs jurnal. Penulis harus masuk dalam sistem untuk mengirim.
  2. Naskah harus berisi setidaknya 38.000-40.000 karakter (tanpa spasi) dalam font 12 point dengan spasi ganda, tidak termasuk Abstrak, Kata Kunci, dan Referensi, dan termasuk gambar dan tabel yang disematkan, tanpa lampiran, dan file harus dalam format Microsoft Office (.doc / .docx) atau Open Office (.odt).
  3. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia. Judul harus ringkas dan informatif. Judul sering digunakan dalam sistem pencarian informasi. Hindari singkatan dan rumus jika memungkinkan.
  4. Unggah halaman judul dengan detail informasi penulis. Pastikan semua nama penulis tercantum dalam artikel.
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak tidak berisi gambar atau tabel dan tidak boleh melebihi 250 kata. Kata kunci berisi tiga sampai lima kata/ frase. Saat memilih kata kunci, harap pastikan bahwa tiga yang pertama menunjukkan teori, tema penelitian, dan metode, dua sisanya dapat memperluas kategori tersebut atau menentukan kumpulan data, sumber data, atau konteks.
  6. Isi naskah terdiri dari: Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan, diikuti dengan Ucapan Terima Kasih dan Referensi.
  7. Gambar dan tabel harus dapat dibaca dan dalam ukuran yang proporsional dengan keseluruhan halaman. Judul harus diberi nomor.
  8. Persamaan matematika harus ditulis, diberi nomor secara berurutan, dan disertai dengan informasi apa pun yang diperlukan. Header dan footer, termasuk nomor halaman, tidak boleh digunakan.
  9. Kutipan dan Referensi:
  • Wikipedia, blog pribadi, atau situs web non-ilmiah tidak boleh digunakan.
  • Referensi minimal 25 artikel ilmiah dari jurnal atau penerbit ternama.
  • Referensi harus diambil dari lima tahun terakhir.
  • Harap pastikan bahwa nomor halaman dari setiap kutipan disertakan, kecuali untuk referensi yang tidak memiliki nomor halaman.

Dewan Redaksi berwenang untuk Menolak naskah berdasarkan saran Mitra Bestari dan Membuat perubahan atau penyesuaian yang diperlukan terkait dengan sifat bahasa tanpa mengubah substansinya. Pengeditan substansi akan dikonsultasikan dengan penulis terlebih dahulu.