Skema Inovatif

Transformasi Digital Badan Usaha Milik Desa dalam Pemasaran Berbasis Elektronik

Penulis

  • Esa Septian STIA AAN Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.89-101

Kata Kunci:

BUM Desa, aplikasi, pemasaran

Abstrak

Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Binangun Jati Unggul sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan menjadi penyumbang Pendapatan Asli Desa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat permasalahan dalam pengelolaan BUM Desa khususnya dari segi pemasaran yang masih rendah maka penulis memberikan ide alternatif pemecahan masalah tersebut. Keterlibatan teknologi mampu menciptakan sistem pemasaran online yang berguna bagi kesuksesan pengelolaan BUM Desa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah BUM Desa Binangun Jati Unggul belum berjalan optimal. BUM Desa Binangun Jati Unggul masih menghadapi persoalan terkait kualitas SDM yang minim, keterbatasan modal, dan pemasaran yang lemah. Model pengembangan BUM Desa berbasis digital marketing sebagai upaya mendongkrak pemasaran BUM Desa menjadi lebih luas. Kehadiran teknologi canggih merupakan tuntutan zaman yang harus dipenuhi dalam menjalankan kegiatan usaha pertanian melalui kolaborasi dan sinergitas antar lembaga ekonomi pertanian dalam melayani kebutuhan petani. Penerapan digital marketing melalui skema inovatif elektronik pasar tani (e-Pasti) diharapkan dapat memberikan solusi pada sistem pemasaran yang lemah. Dengan demikian, semua kegiatan pertanian berjalan semakin efektif dan efisien serta pangsa pasar menjadi semakin luas yang membawa dampak positif baik bagi pemerintah, petani, pemuda maupun masyarakat sekitar.

Referensi

Akbar, M. Faisal. 2017. “Analisa Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Perekonomian Indonesia”. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/ekosos/article/view/649

Anggraeni, Maria Rosa Ratna Sri. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada Bumdes Di Gunung Kidul, Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Anwar. Muhammad Choirul. 2019. Jokowi Geram Ribuan BUM Desa Mangkrak, Ini Kata Kakak Cak Imin. https://www.cnbcindonesia.com/news/20191211170236-4-122287/jokowi-geram-ribuan-BUM Desa-mangkrak-ini-kata-kakak-cak-imin

Creswell, John W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, Arif. 2018. Harga Beras Naik, Kesejahteraan Petani Justru Turun. CNBCIndonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20180404122121-4-9640/harga-beras-naik-kesejahteraan-petani-justru-turun

Hamka, Abdul Wahid Al Mubarraq. Irwanti Said dan Sakaruddin. “Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM DESA) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Terapung”. Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Makasar: UIN Alauddin Makasar.

Hutabarat, Hermanto. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Petani Dalam Penjualan Padi Ke Tengkulak di Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Banyumas: Akademi Pertanian HKTI Banyumas. https://media.neliti.com/media/publications/42068-ID-analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-petani-dalam-penjualan-padi-ke-tengkula.pdf

Keputusan Kepala Desa Jatirejo Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pendirian Lembaga Keuangan Mikro Binangun Jatirejo

Keumala, Cut Muftia dan Zamzami Zainuddin. 2018. Indikator Kesejahteraan Petani melalui Nilai Tukar Petani (NTP) dan Pembiayaan Syariah sebagai Solusi. Jurnal Ekonomi Islam.

Nursan, Muhammad. Utama, Aeko Fria. 2019. Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Berbasis Pertanian di Kabupaten Sumbawa Barat. Universitas Mataram.

Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 54 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Cara Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa.

Peraturan Desa Jatirejo Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pemisahan Kekayaan Desa untuk Modal Pendirian Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Peraturan Desa Nomor 4 Tahun 2016 tentang Badan Usaha Milik Desa Binangun Jati Unggul Jatirejo

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi No 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Rachmawati. Fitri. 2018. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/26290/2/Fitri%20Rachmawati_B96214120.pdf

Rapitasari, Diana. 2016. Digital marketing berbasis aplikasi sebagai strategi meningkatkan kepuasan pelanggan. Surabaya: Universitas Bhayangkara.

Satya, Venti Eka. 2016. “Anomali Fluktuasi Harga bahan Pangan di Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPRRI.

Sejarah BUM Desa Binangun Jati Unggul. https://BUM Desajatiunggul.id/tentang-BUM Desa-binangun-jati-unggul/ (diakses pada tanggal 4 September 2020).

Sembiring, Sentosa. 2017. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum. Bali: Universitas Udayana. https://www.researchgate.net/publication/319060513_KEBERADAAN_BADAN_USAHA_MILIK_DESA_DALAM_MENINGKATKAN_PENDAPATAN_ASLI_DESA/link/598dae7b458515c333afe144/download

Syahza, Almasdi. 2003. Paradigma Baru: Pemasaran Produk Pertanian Berbasis Agribisnis di Daerah Riau. (PPKPEM) Universitas Riau. https://repository.unri.ac.id/jspui/bitstream/123456789/3006/1/almasdi9.pdf

Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Undang-Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-29

Cara Mengutip

Septian, E. (2021). Skema Inovatif: Transformasi Digital Badan Usaha Milik Desa dalam Pemasaran Berbasis Elektronik. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(2), 89-101. https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.89-101

Terbitan

Bagian

Artikel