PENGANTAR
Elpino Windy
Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Dalam Negeri
PDF

Bagaimana Mengutip

Windy, E. (2019). PENGANTAR. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 3(1). Diambil dari http://jurnal.kemendagri.go.id/index.php/mp/article/view/585

Abstrak

Genap sudah Matra Pembaruan (MP) hadir menghimpun berbagai hasil penelitian masyarakat terkait inovasi kebijakan. Kini tiba waktunya Jurnal yang mulai dirintis di awal 2016 ini, melakukan evaluasi besar-besaran terkait proses penerbitan sebanyak 2 volume dan enam nomor yang sudah dilalui. Memasuki tahun ketiga (2019) Jurnal Matra Pembaruan juga memerlukan evaluasi serta kritik dan saran pegelolaan tidak hanya dari Kementerian Riset dan Teknologi sebagai lembaga akreditasi (penilai) jurnal ilmiah, tetapi juga dari masyarakat luas sebagai pembaca.
Dalam perjalanannya selama dua tahun terakhir redaksi merasa banyak hal dan kekurangan dalam peneribitan MP ini, dari mulai keterlambatan penerbitan hingga banyaknya kualitas artikel yang masuk tidak sesuai dengan gaya selingkung penerbitan. Terkadang redaksi juga harus mengubah tata bahasa sebuah atikel secara total demi sebuah kualitas. Kami selalu berusaha agar di masa depan MP bisa terakreditasi secara nasional. Dengan begitu MP tidak hanya memberikan kontribusi bagi BPP Kemendagri tetapi juga para pegiat kelitbangan, para peneliti, dosen dan masyarakat umum.
Pengelolaan MP selalu diupayakan terus meningkat dari tahun ke tahun, meski dengan segala keterbatasan, baik keterbatasan sumber daya pengelola maupun anggaran. Kami jadikan keterbatasan itu sebagai motivasi untuk mencapai target-target MP selanjutnya. Namun pada tahun ini, redaksi dengan sangat terpaksa mengurangi penerbitan yang semula 3 kali penerbitan dalam satu tahun menjadi 2 kali penerbitan tepatnya pada Mei dan November. Kenyataan tersebut bukan tanpa sebab. Keterbatasan pengelola menjadi kendala. Pengelola yang ada tidak fokus mengelola MP namun merangkap banyak pekerjaan lain di Sub Bagian Perpusatakaan, Informasi, dan Dokumentasi BPP Kemendagri. Di sisi lain, penerbitan 3 kali dalam setahun dinilai terlalu sering dan berdampak pada kualitas artikel dan pengelolaan di masa depan. Untuk itu pengelola memutuskan untuk mengurangi volume namun dengan kuantitas artikel yang sama.
Sementara itu, pada edisi kali ini, MP memuat 6 artikel yang di antaranya; Kecenderungan Perilaku Koruptif Kepala Desa dalam Pembangunan Desa; Manajemen Retribusi Pasar melalui Inovasi Tape Pasar di Kota Surakarta; Kesesuaian Kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pariwisata dan Permasalahan Pariwisata di Indonesia; Implementasi Konsep Penta Helix dalam Pengembangan Potensi Desa melalui Model Lumbung Ekonomi Desa Di Provinsi Jawa Timur; Koordinasi Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas dalam Penanggulangan Kemacetan Kota Makassar; Kolaborasi Aktor dalam Pembangunan Pariwisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Kami berharap, keenam artikel yang disajikan dalam MP di edisi kali ini dapat bermanfaat bagi khalayak pembaca. Terima kasih.

PDF

Referensi

Pengantar
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional berlaku untuk semua karya yang diterbitkan oleh Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan. Penulis akan mempertahankan hak cipta dari karya tersebut.