Koordinasi Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas dalam Penanggulangan Kemacetan Kota Makassar
Rijal Rijal
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik YAPIS BIAK PAPUA
PDF

Kata Kunci

Kemacetan, Lalu Lintas, Perhubungan

Bagaimana Mengutip

Rijal, R. (2019). Koordinasi Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas dalam Penanggulangan Kemacetan Kota Makassar. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 3(1), 47-56. https://doi.org/10.21787/mp.3.1.2019.47-56

Abstrak

Kemacetan lalu lintas di sebabkan oleh ketidakseimbangan antara jumlah kendaraan dengan jumlah ruas jalan yang ada. Berdasarkan data Samsat Kota Makassar, jumlah kendaraan pada 2016 mencapai 1.128.809 unit. Pada 2017 hingga Oktober 2018 kendaraan mencapai 1.563.608 unit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaturan kerja, sinkronisasi kegiatan, wujud kepentingan bersama, serta tujuan bersama yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas dalam penanggulangan kemacetan di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observsi, interview, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa proses koordinasi Dinas Perhubungan dan Satua Lalu Lintas meliputi; pengaturan yang digunakan sudah menerapkan teknologi Area Traffic Control System (ATCS), sinkronisasi yang dilakukan sudah efektif, kepentingan bersama ini sudah berjalan dengan adanya pertemuan atau rapat yang dilakukan antara dua pihak meskipun dalam implementasi masih belum maksimal, karena rapat dilaksanakan hanya 1 sampai 2 kali pertemuan. Begitu juga dengan kerja sama Satlantas dan Dishub Kota Makassar yang masih belum maksimal dalam melakukan tugasnya dalam mengatasi kemacetan.

PDF

Referensi

celebesmedia.id. (2018). Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Makassar Sangat Kompleks. Retrieved from https://celebesmedia.id/celebes/artikel/1025301118/penyebab-kemacetan-lalu-lintas-makassar-sangat-kompleks

Hasibuan. (2007). Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Irwanti, I., Samadikun, B. P., & Huboyo, H. S. (2017). Pengaturan Manajemen Waktu Area Traffic Control System (Atcs) dalam Rangka Pengurangan Emisi Pencemar Udara Kendaraan Bermotor di Beberapa Persimpangan Jalan Kota Semarang. Jurnal Teknik Lingkungan, 6(3), 1–10. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/190556/pengaturan-manajemen-waktu-area-traffic-control-system-atcs-dalam-rangka-pengura

Kordi, K. M. G. (2014). Berbuat Lebih Layak (Inovasi Pelayanan Publik di Kota Makassar). Makassar: Pustaka Celebes.

Liliweri, A. (2014). Sosiologi dan komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Lutfie, M., Samang, L., Sakti, A., & Isran Ramli. (2014). Analisis Komposisi Truk pada Jaringan Jalan Perkotaan di Kota Makassar. In Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi. Makassar: The 17th FSTPT of International Symposium . Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/2848

Mahsyar, A. (2005). Model Koordinasi Antarinstansi Pemerintah dalam Penanggulangan Kemacetan Lalu Lintas di Kota Makassar. Jurnal El-Riyasah, 5(2), 11–20. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/244925/model-koordinasi-antarinstansi-pemerintah-dalam-penanggulangan-kemacetan-lalu-li

Mustikarani, W., & Suherdiyanto. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Di Sepanjang Jalan H Rais a Rahman (Sui Jawi) Kota Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 143–155. https://doi.org/10.31571/EDUKASI.V14I1.292

Saputra, R. M. (2014). Analisis Perencanaan Penerapan Area Traffic Control System di Kota Pangkal Pinang. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(3). Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/212086/analisis-perencanaan-penerapan-area-traffic-control-system-di-kota-pangkal-pinan

Sedarmayanti. (2009). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan : Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik. Bandung: Refika Aditama.

Setiawan, A. (2018). implementasi program (ATCS) Area Traffic Control System di Kota Bandar Lampung. Universitas Lampung. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/37351/8/3.pdf

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Qualitative and Quantitative Research Methods). Bandung: Alfabeta.

Syafiie, I. K., & Welasari. (2015). Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tambunan, T. S. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Terry, G. R., & Rue, L. W. (2005). Dasar - Dasar Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.

Tompo, R. (2014). Masa Depan Makassar (Dinamika Demokrasi dan Pemerintahan). Makassar: Makassa: Badan Arsip Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional berlaku untuk semua karya yang diterbitkan oleh Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan. Penulis akan mempertahankan hak cipta dari karya tersebut.