Penyerahan
Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Pengetikan naskah dan sitasi mengikuti gaya selingkung yang disyaratkan dalam Panduan Penulis

Panduan Penulis

Unduh "Template Artikel"

Unduh "Kebijakan Informasi Penulisan"

Pendahuluan

Persiapan Artikel

Pendahuluan

Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan merupakan jurnal yang menyediakan sumber informasi ilmiah yang ditujukan untuk peneliti, lembaga penelitian, instansi pemerintah, dan pemangku kepentingan. MP menerbitkan manuskrip penelitian yang berfokus pada hasil penelitian tentang inovasi kebijakan pemerintah. MP diterbitkan dan dicetak dua kali dalam setiap volume oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Dalam Negeri.

Persiapan Artikel

Persyaratan Format

Harap gunakan template artikel yang telah kami sediakan secara online. Untuk menggunakan template, silakan ‘Simpan Sebagai’ file MS Word ke dokumen Anda, lalu salin dan tempel dokumen Anda. Untuk menyalin dan menempelkan teks ke dalam template, gunakan ‘Perekatan Khusus’ dan pilih ‘Teks Tidak Berformat’. Artikel yang tidak disiapkan sesuai dengan pedoman dan artikel penulis dengan sejumlah kesalahan harus ditolak sebelumnya oleh Editor.

Unduh "Template Artikel"

http://jurnal.kemendagri.go.id/index.php/mp/libraryFiles/downloadPublic/4

Jika artikel Anda menyertakan video dan/atau materi tambahan lainnya, ini harus dimasukkan dalam file pelengkap Anda pada pengiriman awal untuk tujuan peer review.

Perangkat Lunak Pengolah Kata

Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan jumlah karakter 38.000-40.000 termasuk gambar dan tabel serta harus dalam format Microsoft Word (.docx) atau Open Office (.odt). Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210mm x 297mm) dan dengan format margin kiri 25mm, margin kanan 20mm, margin bawah 20mm, dan margin atas 25mm. Naskah harus ditulis dengan jenis huruf Cambria dengan ukuran font 10pt (kecuali judul artikel), berjarak satu spasi, dan dalam format dua kolom (kecuali bagian judul artikel, nama penulis, dan abstrak). Jarak antar kolom adalah sejauh 10mm.

Harap pastikan bahwa Anda menggunakan font normal dalam dokumen Anda. Font khusus, seperti font yang digunakan di Timur Jauh (Jepang, China, Korea, dll.) dapat menyebabkan masalah selama pemrosesan. Untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu, Anda sangat disarankan untuk menggunakan fungsi 'pemeriksa ejaan' MS Word.

Judul Bagian

Bagilah artikel Anda ke dalam bagian-bagian yang terdefinisi dengan jelas dan diberi nomor. Abstrak tidak termasuk dalam penomoran bagian. Gunakan penomoran ini juga untuk referensi silang internal: jangan hanya merujuk ke 'teks'. Subbagian apa pun dapat diberi judul bagian singkat. Setiap judul bagian harus muncul pada baris terpisahnya sendiri.

Judul bagian harus dibuat dalam empat level. Level lima tidak dapat diterima.

  • Judul Bagian Level 1; Judul 1 harus ditulis dalam format judul, rata kiri, tebal, 10 Cambria, dan bernomor Romawi diikuti dengan titik.
  • Judul Bagian Level 2; Judul 2 harus ditulis dalam format judul, rata kiri, tebal, 10 Cambria, bernomor Arab diikuti oleh titik.
  • Judul Bagian Level 3; Judul 3 harus ditulis dalam format judul, rata kiri, miring, 10 Cambria, diberi nomor menurut nomor Arab diikuti dengan tanda kurung tutup.
  • Judul Bagian Level 4; Judul 4 tidak direkomendasikan, namun masih bisa diterima dengan format kalimat, miring, 10 Cambria, diberi nomor huruf kecil diikuti dengan kurung tutup.
  • Judul Bagian Level 5; Judul Level 5 tidak dapat diterima dalam artikel.

Struktur Artikel

Artikel harus dimulai dengan judul, abstrak, dan kata kunci diikuti oleh teks utama. Teks utama harus terdiri dari setidaknya struktur IMRaD, kecuali untuk artikel ulasan: Pendahuluan, Metode/Material, Hasil dan Pembahasan, dan Kesimpulan; diikuti oleh Ucapan Terima Kasih dan Referensi.

Pendahuluan

Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut.

Metode

Metode yang digunakan dalam pemecahan permasalahan termasuk metode analisis. Keterangan gambar diletakkan menjadi bagian dari judul gambar (figure caption) bukan menjadi bagian dari gambar. Metode-metode yang digunakan dalam penyelesaian penelitian dituliskan di bagian ini.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan Pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik.

Kesimpulan

Kesimpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Bila perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih terutama ditujukan kepada pemberi dana penelitian atau donatur. Ucapan terima kasih dapat juga disampaikan kepada pihak-pihak yang membantu pelaksanaan penelitian.

Lampiran

Tidak disarankan untuk menggunakan lampiran pada pengajuan artikel ke dalam MP.

Informasi Penting

Judul

Judul artikel harus ringkas dan informatif, kurang dari 15 kata, format judul, rata tengah, tebal. Judul sering digunakan dalam sistem pencarian informasi. Judul harus akurat, tidak ambigu, spesifik, dan sepenuhnya mengidentifikasi masalah utama artikel. Hindari singkatan dan rumus jika memungkinkan.

Nama dan Afiliasi Penulis

Nama penulis tidak boleh memuat gelar akademis, pangkat resmi, atau posisi profesional. Tolong jelaskan dengan jelas nama awal dan nama keluarga/terakhir - nama lengkap jika memungkinkan - dari setiap penulis dan periksa bahwa semua nama dieja secara akurat. Sajikan alamat afiliasi penulis (di mana pekerjaan yang sebenarnya dilakukan) di bawah nama. Tulis afiliasi yang jelas dari semua Penulis. Afiliasi termasuk nama departemen/unit, (fakultas), nama universitas/institusi, alamat pos lengkap, dan negara. Semua penulis yang berkontribusi harus ditunjukkan dalam urutan kontribusi.

Penulis Korespondensi

Nyatakan dengan jelas penulis korespondensi untuk menangani semua tahap pra-publikasi, review, dan pasca-publikasi. Tanggung jawab ini termasuk menjawab pertanyaan di masa depan tentang Metodologi dan Materi. Pastikan alamat email diberikan dan rincian kontak selalu diperbarui oleh penulis yang bersangkutan.

Alamat sekarang/permanen

Jika seorang penulis telah pindah sejak pekerjaan yang dijelaskan dalam artikel itu dilakukan, atau sedang mengunjungi pada saat itu, sebuah 'Alamat sekarang' (atau 'Alamat permanen') dapat diindikasikan sebagai catatan kaki untuk nama penulis itu. Alamat di mana penulis benar-benar melakukan pekerjaan harus dipertahankan sebagai alamat afiliasi utama. Angka Arab Superscript digunakan untuk catatan kaki tersebut.

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak

Abstrak harus ringkas dan faktual, tidak mengandung gambar atau tabel, dan tidak boleh melebihi 250 kata. Abstrak harus menyatakan secara singkat tujuan penelitian, hasil utama, dan kesimpulan utama. Abstrak sering disajikan secara terpisah dari artikel, jadi harus bisa berdiri sendiri. Untuk alasan ini, Referensi harus dihindari, tetapi jika penting, maka kutip penulis dan tahun. Selain itu, singkatan non-standar atau tidak biasa harus dihindari, tetapi jika penting mereka harus didefinisikan pada penyebutan pertama mereka dalam abstrak itu sendiri.

Kata Kunci

Kata kunci harus menghindari istilah umum dan jamak. Hemat dengan singkatan: hanya singkatan yang ditetapkan pada bidang ilmu tertentu yang memenuhi syarat. Kata kunci ini akan digunakan untuk keperluan pengindeksan.

Instrumen

Singkatan, Akronim, dan Unit

Definisikan singkatan dan akronim pada saat pertama kali digunakan dalam teks, walaupun didefinisikan dalam abstrak. Jangan gunakan singkatan dalam judul atau judul bagian kecuali mereka tidak dapat dihindari.

Gunakan SI (MKS) atau CGS sebagai unit utama. (Unit SI lebih disukai) Unit bahasa Inggris dapat digunakan sebagai unit sekunder (dalam tanda kurung). Pengecualian adalah penggunaan unit bahasa Inggris sebagai pengidentifikasi dalam perdagangan, seperti "drive disk 3,5 inci." Hindari menggabungkan unit SI dan CGS. Ini sering menyebabkan kebingungan karena persamaan tidak seimbang secara dimensional. Jika Anda harus menggunakan unit campuran, nyatakan dengan jelas unit untuk setiap kuantitas yang Anda gunakan dalam sebuah persamaan.

Jangan mencampur ejaan dan singkatan lengkap dari unit: "Wb/m2" atau "webers per meter persegi," bukan "webers/m2." Eja unit ketika mereka muncul dalam teks: "... beberapa henries," bukan "...beberapa H.” Gunakan nol sebelum angka desimal: “0,25,” bukan “,25.” Gunakan “cm3,” bukan “cc”.

Rumus Matematika

Persamaan matematika harus ditulis dengan jelas, bernomor berurutan, dan harus dalam bentuk teks yang dapat diedit yang disiapkan menggunakan MS Equation Editor (tidak dalam format gambar) dan juga harus dipisahkan dari teks sekitarnya. Pastikan bahwa simbol dalam persamaan Anda telah ditentukan sebelum atau segera mengikuti persamaan. Gunakan "(1)," bukan "Persamaan (1)" atau "persamaan (1)," kecuali pada awal kalimat: "Persamaan (1) adalah ... ". Miringkan simbol Romawi untuk kuantitas dan variabel, tetapi bukan simbol Yunani. Gunakan garis panjang daripada tanda hubung untuk tanda minus.

Header-Footer dan Hyperlink

Header dan footer termasuk nomor halaman tidak boleh digunakan. Semua tautan hypertext dan penanda bagian akan dihapus dari artikel. Jika Anda perlu merujuk ke alamat email Internet atau URL di kertas Anda, Anda harus mengetikkan alamat atau URL sepenuhnya dalam font biasa.

Catatan Kaki

Catatan kaki harus dihindari jika memungkinkan. Catatan kaki yang diperlukan harus dilambangkan dalam teks dengan huruf superskrip berturut-turut. Catatan kaki harus diketik di kaki halaman di mana mereka disebutkan, dan dipisahkan dari teks utama dengan garis pendek yang membentang di kaki kolom.

Gambar dan Tabel

Gambar harus dalam skala abu-abu (grayscale), dan jika dibuat berwarna, harus dapat dibaca (jika nanti dicetak dalam skala abu-abu). Keterangan harus secara berurutan diberi nomor dengan angka Arab dan terdiri dari judul singkat (bukan pada gambar itu sendiri) dan deskripsi ilustrasi. Simpan teks dalam ilustrasi itu sendiri hingga minimum tetapi jelaskan semua simbol dan singkatan yang digunakan. Huruf pada gambar harus dapat dibaca dengan jelas dan dalam ukuran yang proporsional dan harus memiliki ukuran 8pt untuk teks normal dan tidak lebih kecil dari 6 pt untuk karakter subscript dan superscript. Gunakan kata-kata daripada simbol atau singkatan saat menulis label gambar agar tidak membingungkan pembaca. Sebagai contoh, tulis kuantitas "Magnetisasi," atau "Magnetisasi, M," bukan hanya "M." Jika memasukkan unit dalam label, tunjukkan dalam tanda kurung. Jangan melabelkan kapak hanya dengan unit. Dalam contoh, tulis "Magnetisasi (A/m)" atau "Magnetisasi (A ( m(1)," bukan hanya "A/m." Jangan melabeli dengan rasio kuantitas dan satuan. Misalnya, tulis "Suhu (K)," bukan "Suhu/K."

Gambar harus memiliki deskripsi singkat di batang tubuh artikel. Masukkan gambar dan tabel setelah mereka dikutip dalam teks. Untuk tujuan penataan letak (layout), berikan gambar resolusi tinggi (≥300dpi) dalam format .tif/.jpg/.jpeg. Pemindaian (scan) berkualitas rendah tidak dapat diterima. Gambar dan tabel harus disisipkan dan tidak diberikan secara terpisah. Selain itu, mohon hindari menyebutkan posisi gambar/tabel, misalnya "gambar di bawah" atau "tabel sebagai berikut" karena posisi akan disusun kembali dalam proses penataan. JANGAN menaruh kotak di sekitar gambar Anda untuk melampirkannya.

Kami menyarankan agar Anda menggunakan kotak teks (Text Box) untuk memasukkan grafik (yang idealnya setidaknya 300 dpi resolusi TIFF atau file EPS dengan semua font yang disematkan) karena metode ini agak lebih stabil daripada langsung menyisipkan gambar. Agar mendapatkan bingkai tidak terlihat, gunakan menu pull-down MSWord "Format", pilih Kotak Teks > Warna dan Garis untuk memilih Tanpa Isi dan Tanpa Garis.

Manipulasi Gambar

Meskipun dapat diterima bahwa penulis terkadang perlu memanipulasi gambar untuk kejelasan, manipulasi untuk tujuan penipuan akan dianggap sebagai penyalahgunaan etika ilmiah. Untuk gambar grafis, jurnal ini menerapkan kebijakan berikut: tidak ada fitur khusus dalam suatu gambar yang dapat ditingkatkan, dikaburkan, dipindahkan, dihapus, atau diperkenalkan. Penyesuaian kecerahan, kontras, atau keseimbangan warna dapat diterima jika dan selama mereka tidak mengaburkan atau menghilangkan informasi apa pun yang ada di dokumen asli.

Karya Elektronik

Poin Umum:

  • Pastikan Anda menggunakan huruf dan ukuran yang seragam dari karya asli Anda.
  • Huruf yang dipilih: Arial (atau Helvetica), Times New Roman (atau Times), Symbol, Courier.
  • Beri nomor ilustrasi sesuai dengan urutannya dalam teks.
  • Gunakan konvensi penamaan yang logis untuk file karya Anda.

Format

Terlepas dari aplikasi yang digunakan, ketika karya Anda selesai, mohon 'simpan sebagai' ('save as') atau konversikan gambar ke salah satu format berikut (perhatikan persyaratan resolusi untuk gambar garis, halftone, dan kombinasi garis/halftone yang diberikan di bawah):

  • EPS (atau PDF): Gambar vektor. Sematkan huruf atau simpan teks sebagai 'grafik'.
  • TIFF (atau JPG): Foto warna atau skala abu-abu (halftones): selalu gunakan minimal 300 dpi.
  • TIFF (atau JPG): Gambar garis bitmap: gunakan minimum 1000 dpi.
  • TIFF (atau JPG): Kombinasi garis bitmap/halftone (warna atau skala abu-abu): minimal 500 dpi.

Mohon jangan:

  • Memberikan file yang dioptimalkan untuk penggunaan layar (mis. GIF, BMP, PICT, WPG); resolusinya terlalu rendah.
  • Memberikan file yang resolusinya terlalu rendah.
  • Mengirimkan grafik yang besar secara tidak proporsional untuk konten.

Keterangan Gambar

Pastikan bahwa setiap ilustrasi memiliki keterangan. Keterangan harus terdiri dari judul singkat (bukan pada gambar itu sendiri) dan deskripsi ilustrasi. Pertahankan teks dalam ilustrasi itu sendiri hingga minimum tetapi jelaskan semua simbol dan singkatan yang digunakan. Keterangan gambar yang terdiri dari satu baris harus rata tengah sedangkan keterangan yang terdiri dari beberapa baris harus rata tepi/pinggir.

Tabel

Harap kirimkan tabel sebagai teks yang dapat diedit dan bukan sebagai gambar. Urutkan tabel dengan angka Arab sesuai dengan kemunculannya dalam teks. Tempatkan catatan kaki di bawah tabel dan tunjukkan dengan huruf kecil superskrip. Berhematlah dalam penggunaan tabel dan pastikan bahwa data yang disajikan di dalamnya tidak menggandakan hasil yang dijelaskan di bagian lain dalam artikel. Hindari menggunakan vertical rules> dan shading> dalam sel tabel.

Referensi

Kutipan dalam Teks

Pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya). Referensi apa pun yang dikutip dalam abstrak harus diberikan secara lengkap. Hasil yang tidak dipublikasikan dan komunikasi pribadi tidak direkomendasikan dalam daftar referensi, tetapi dapat disebutkan dalam teks. Jika referensi ini dimasukkan dalam daftar referensi, mereka harus mengikuti gaya referensi standar jurnal dan harus memasukkan pengganti waktu publikasi dengan 'Hasil yang tidak dipublikasikan' atau 'Komunikasi pribadi'.

Perangkat Lunak Manajemen Referensi

Setiap artikel yang diserahkan ke MP harus menggunakan perangkat lunak manajemen referensi yang mendukung gaya kutipan (Citation Style Language), seperti Mendeley.

Gaya Kutipan

Kutipan dalam teks harus mengikuti gaya referensi yang digunakan oleh American Psychological Association (APA).

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.