Kebijakan Jurnal

Tujuan dan Ruang Lingkup

GovStat merupakan jurnal ilmiah yang memublikasikan artikel ilmiah pada berbagai aspek yang berhubungan dengan statistika dan aplikasinya dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam negeri. Informasi ilmiah yang dihasilkan oleh Govstat ditujukan untuk para peneliti, lembaga penelitian, lembaga pemerintah, dan pemangku kepentingan. Artikel dapat berupa hasil penelitian, studi kasus, atau studi literatur.

Proses Penelaahan

GovStat menggunakan sistem pengajuan dan penelaahan naskah secara online. Pengajuan dan penelaahan untuk setiap naskah harus dikelola menggunakan sistem ini dan berdasarkan pada Kebijakan Penelaahan.

  • Dewan Editor GovStat bertanggung jawab terhadap seleksi naskah dan seleksi mitra bestari.
  • Naskah akan ditelaah oleh satu mitra bestari.
  • Proses penelaahan akan mempertimbangkan aspek kebaruan, objektivitas, metode, dampak ilmiah, simpulan, dan referensi.
  • Editor akan mengirimkan keputusan akhir terkait pengajuan naskah kepada penulis berdasarkan rekomendasi mitra bestari.
  • Redaksi GovStat akan melindungi kerahasiaan semua materi yang diserahkan ke jurnal dan semua komunikasi dengan mitra bestari.

Frekuensi Publikasi

GovStat diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November. Setiap terbitan memuat 8 (delapan) artikel.

Kebijakan Akses Terbuka

GovStat adalah jurnal akses terbuka yang artinya seluruh isi di dalamnya tersedia tanpa biaya kepada pengguna, baik institusi maupun perseorangan. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari atau menautkan ke artikel lengkap, atau menggunakannya untuk tujuan yang diperbolehkan secara hukum, tanpa meminta persetujuan dari penerbit atau penulis.

Biaya Pemrosesan Naskah

GovStat didukung dan dibiayai sepenuhnya oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri. Setiap artikel yang didaftarkan ke GovStat tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun. Termasuk dalam proses pendaftaran, peninjauan sejawat, pengubahan, penerbitan, pemeliharaan dan pengarsipan, serta memungkinkan akses langsung artikel lengkap.

Cek Plagiarisme

Editor akan melakukan pemeriksaan plagiarisme menggunakan Turnitin pada artikel yang didaftarkan sebelum dikirimkan pada mitra bestari. Kami tidak memproses artikel hasil plagiarisme. Jika suatu artikel menunjukkan plagiarisme lebih dari 20%, kami akan mengirimkan kembali artikel tersebut ke penulis untuk direvisi.

Manajemen Referensi

Setiap artikel yang yang didaftarkan pada GovStat harus menggunakan software manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, dan sejenisnya.