Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

Panduan Penulis

Penulisan dalam GovStat harus sesuai dengan pedoman sebagai berikut:

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris, serta dikirim secara online melalui situs GovStat. Penulis harus masuk/login untuk mengirimkan naskah yang telah dibuat.
  2. Naskah berisi setidaknya 35.000-38.000 karakter (tanpa spasi), termasuk gambar dan tabel didalamnya, tanpa lampiran, dan file dalam format Microsoft Office (.doc / .docx).
  3. Judul, Abstrak, dan Kata Kunci ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan ketentuan:
    1. Judul ringkas dan informatif, sering digunakan dalam sistem pencarian informasi, serta hindari singkatan dan rumus jika memungkinkan;
    2. Abstrak tidak berisi gambar atau tabel serta terdiri dari paling banyak 250 kata yang memuat latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan;
    3. Kata kunci berisi 3 sampai 5 kata.
  4. Isi naskah terdiri dari: Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, serta Kesimpulan, diikuti dengan Ucapan Terima Kasih dan Referensi.
  5. Heading dibuat maksimal dalam tiga tingkatan.
  6. Gambar dan tabel harus dapat dibaca dan dalam ukuran yang proporsional dengan keseluruhan halaman. Judul gambar dan tabel harus diberi nomor.
  7. Persamaan matematika harus ditulis, diberi nomor secara berurutan, dan disertai dengan informasi yang dibutuhkan.
  8. Tidak boleh menggunakan header dan footer termasuk nomor halaman.
  9. Kutipan dan Referensi mengikuti aturan:
  10. Wikipedia, blog pribadi, atau situs web non-ilmiah tidak boleh digunakan;
  11. Referensi yang digunakan setidaknya 15 artikel ilmiah dari jurnal atau penerbit ternama;
  12. Referensi harus diambil dari lima tahun terakhir;
  13. Harap pastikan bahwa nomor halaman dari setiap kutipan disertakan, kecuali untuk referensi yang tidak memiliki nomor halaman.

Dewan Editor berwenang untuk menolak naskah berdasarkan saran peninjau dan membuat perubahan atau penyesuaian yang diperlukan terkait dengan sifat bahasa tanpa mengubah isi substansinya. Pengeditan isi substansi akan dikonsultasikan dengan penulis terlebih dahulu.

Articles

Section default policy

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.